DERO.NGAWIKAB.ID – Pemerintah Kecamatan Bringin, Rabu (29/05/2019 ) pukul 20.00 wib melaksanakan acara pelantikan dan pengambilan sumpah janji Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk 3 desa. Pelantikan dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Bringin Dan dihadiri oleh segenap muspika kecamatan Bringin, perangkat Desa, Perwakilan RW, RT masing-masing Desa dan Camat Supriyadi yang langsung melantik.

Pembacaan Sumpah Langsung oleh Camat Bringin

Tiga desa tersebut adalah, Desa Dero ,Mojo, dan Dampit. Dijelaskan, Camat Bringin untuk Desa Dero,Mojo dan Dampit, merupakan pelantikan BPD yang baru untuk periode 6 Tahun Ke depan 2019-2025.

“Sesuai pelimpahan kewenangan dari Bupati kepada Camat, maka Camat yang melantik anggota BPD,” ujar Drs Sukiman (Plt Desa Dero) kami temui setelah Acara pelantikan

Saat ditanya anggota BPD yang dilantik apakah melalui proses pemilihan di desanya masing-masing, Mas Sukiman panggilan akrabnya, membenarkannya bahwa pemilihan dilaksanakan bulan April yang lalu. “Iya, melalui proses pemilihan pada bula April lalu,” ungkapnya.

Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

Acara ini di mulai dengan pembukaan,menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Do’a Dan diteruskan Pembacaan sumpah.
Setelah itu sambutan Camat Supriyadi.Camat Bringin ini dalam sambutannya menyampaikan pesan kepada para BPD desa-desa yang baru dilantik agar segera membentuk struktur lembaga BPD dan juga BPD yang baru dilantik harus memahami tugas pokok dan fungsi BPD yang tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 110 tahun 2016 tentang BPD.

Sambutan Camat Bringin

BPD mempunyai fungsi membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa (Raperdes) bersama Kepala Desa (Kades), menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa serta melakukan pengawasan kinerja Kades,” sebutnya.

Sementara itu, untuk tugas BPD, menggali aspirasi masyarakat, menampung aspirasi masyarakat, mengelola aspirasi masyarakat, menyalurkan aspirasi masyarakat, menyelenggarakan musyawarah BPD, menyelenggarakan musyawarah desa, membentuk panitia pemilihan Kades, menyelenggarakan Musyawarah desa khusus untuk pemilihan Kades antar waktu, membahas dan menyepakati Raperdes bersama Kades, melaksanakan pengawasan terhadap kinerja Kades, melakukan evaluasi keterangan penyelenggaraan pemerintahan desa.

Penandatanganan SK pelantikan

Kemudian, papar Camat Bringin lagi, tugas BPD juga menciptakan hubungan kerja yang harmonis dengan pemerintah desa dan lembaga desa lainnya serta melaksanakan tugas lain yang diatur dalam ketentuan peraturan perundangan-undangan. “Saya harapkan itu dicernai dan dipahami dengan baik. Mari kita ciptakan pemerintahan desa yang ada di wilayah kecamatan Bringin tercinta ini Pemerintahan yang harmonis,kompak Dan Guyub Rukun.” pungkasnya.
Dan ini nama-nama BPD Desa Dero yang baru dilantik:
1.Arif Nugrohanto (Perwakilan dr Dusun Tegal Duwur)
2.Suratmin (Perwakilan dr Dusun Dero Lor)
3.Rohmad (Perwakilan dr Dusun Kaliwangon)
4.Sudarto (Perwakilan dr Dusun Dero Kidul)
5. Alis Sundawati(keterwakilan Dr Perempuan),
Kelima anggota BPD terpilih itu merupakan perwakilan dari 4 dusun yang ada di Desa Dero dan 1 mewakili dr keterwakilan perempuan.

DESA DERO BERSINERGI.
DESA DERO GUYUB RUKUN DAN MAJU.

By : Wo Thekle