DERO.NGAWIKAB.ID – Kuliah Kerja Nyata atau disingkat KKN adalah salah satu mata kuliah wajib yang harus di tempuh oleh mahasiswa Universitas Brawijaya Malang untuk bisa lulus. Tujuan lain dari KKN agar Mahasiswa yang selalu berkutat pada tugas kuliah dan kampus mampu berinteraksi dengan lingkungan masyarakat dimana hakekatnya seorang mahasiswa mampu bermanfaat dan memajukan lingkungan sekitarnya.

Dalam satu tahun periode KKN dilakukan sebanyak dua kali dimana yang pertama mengambil libur semester panjang sebagai waktu dilaksanakannya Kuliah Kerja Nyata sedangkan periode kedua dilakukan pada semester ganjil untuk mahasiswa semester akhir dimana kali ini Penelitian dan Pengabdian dilaksanakan di Desa Dero untuk mensosialisasikan program kegiatan mahasiswa universitas Brawijaya Malang yaitu mengenai penanganan masalah yang dihadapi pemerintah Desa dan masyarakatnya dan juga penggalian potensi Desa.

Sebelas Mahasiswa unbraw yang akan melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata(KKN) selama satu bulan di Desa Dero dan Desa gandong ini, yang tadi pagi 28/06/2019 bertempat di Kantor Desa Dero disambut oleh Plt Kades Dero beserta perangkatnya.

Sambutan Plt Kades Dero.

Dalam sambutannya Plt Kades Dero Drs Sukiman, pertama mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa universitas Brawijaya di Desa Dero dan dilanjutkan dengan perkenalan serta penjelasan profil wilayah Desa Dero. Walaupun Desa dero adalah pintu masuk wisata Waduk Pondok tapi sebagian besar masyarakat Desa Dero adalah berprofesi sebagai petani serta juga ada yang menjadi pengrajin anyaman dari bambu, mohon nanti para adik- adik mahasiswa bila membutuhkan informasi tentang Desa Dero,untuk selalu berkoordinasi dengan perangkat Desa”, tambah Sukiman

Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang.

Setelah sambutan dari Plt Kades Dero ini acara dilanjutkan dengan perkenalan nama dan alamat dari masing-masing mahasiswa dan mahasiswi yang ikut KKN ini. Dan dalam sambutannya Ketua tim Kegiatan Kuliah Kerja Nyata”,Tri Sesar Ahmad Julianto pertama mengucapkan sangat berterimakasih kepada Plt Kades Dero dan segenap Perangkat Desa Dero karena telah menyambut dengan baik dan ramah atas kedatangan kami berserta rombongan dan juga ucapan terimakasih karena telah menjelaskan tentang profil kehidupan masyarakat Desa Dero”, ucapnya.

Tri Sesar Ahmad Dhani (kiri) Ketua tim KKN.

Kedatangan kami adalah merupakan tugas kuliah yang mempunyai 2 tujuan yaitu satu, mengenai penanganan dan penanggulangan masalah yang dihadapi masyarakat Desa Dero dan kedu meneliti dan menggali informasi tentang potensi Desa, yang kesemuanya adalah untuk kemajuan Desa Dero”, tambah sesar.

KULIAH KERJA NYATA (KKN) UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG DI DESA DERO.

PEMDES DERO SAMBUT BAIK.

MASYARAKAT DERO GUYUB RUKUN.

DESA DERO LEBIH BAIK DAN LEBIH MAJU.

By : Wo Thekle