DERO.NGAWIKAB.ID – Hari ini Sabtu, Tanggal 06 Juli 2019 seluruh desa yang ada di Kabupaten Ngawi sedang punya Hajat yakni Malam Tirakatan dalam Rangka Hari Jadi Kabupaten Ngawi yang ke – 661, tak terkecuali di Desa Dero, Kecamatan Bringin juga melaksanakan Kegiatan tersebut.

Hadirin Malam Tirakatan Desa Dero.

Pukul 19.30 WIB para undangan sudah mulai hadir di Pendopo Desa Dero, diantaranya dari Perangkat Desa Dero,Badan Permusyawaratan Desa, Ketua RW, Ketua RT, Anggota LPMD, Anggota Linmas, Pemuda dan Tokoh Masyarakat lainnya.
Tepat Jam 20.00 Acara Malam Tirakatan dimulai, sebagai pembawa acara adalah Tri Rahayu Kasi Pemerintahan , acara di buka dengan bacaan Basmallah.

Pembacaan sejarah Ngawi oleh Ketua BPD Desa Dero Bpk Rohmad.

Acara yang kedua adalah Pembacaan singkat tentang Sejarah Hari Jadi Kabupaten Ngawi yang dibacakan oleh Bapak Rohmad selaku Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Beliau membacakan bahwa mejadi dasar atas Hari Jadi Kabupaten Ngawi berdasar atas dijadikannya Ngawi sebagai Daerah Swatantra dan Naditira pradesa, pada jaman Pemerintahan Raja Hayam Wuruk (Majapahit) tepatnya tanggal 7 Juli 1358 Masehi, (tersebut dalam Prasati Canggu yang berangka Tahun Saka 1280). tepatnya pada tanggal 7 Juli 1358 Masehi (berdasarkan perhitungan menurut Lc. Damais) dengan status ngawi sebagai Daerah Swatantra dan Naditira Pradesa.

Sesuai dengan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Ngawi dalam Surat Keputusannya Nomor 188.170/34/1986 tanggal 31 Desember 1986 tentang Persetujuan Terhadap Usulan Penetapan Hari Jadi Ngawi maka berdasarkan Surat Keputusan Bupati Kepala Daerah Tingkat II Ngawi Nomor 04 Tahun 1987 tanggal 14 Januari 1987, Tanggal 7 Juli 1358 Masehi Ditetapkan Sebagai ”Hari Jadi Ngawi”

Sambutan Kades Dero,” Ariyadi

Acara yang ketiga adalah Sambutan dari Bapak Kepala Desa Dero Ariyadi, dalam sambutannya Bapak Kepala Desa menyampaikan dengan semangat hari jadi Kabupaten Ngawi mari jadikan Desa Dero menjadi Desa yang lebih baik lagi dan lebih maju lagi. Bersama Masyarakat desa Dero keseluruhan mari kita membangun Desa Dero melalui Pembangunan Infrastruktur yang baik dan sesuai petunjuk dan undang undang yang ada.

Acara yang keempat adalah acara Tahlil dan Doa Bersama yang di imami oleh Bapak Sugeng Riyanto, Seluruh tamu undangan secara khusyuk mengikuti jalannya Tahlil dan Doa bersama.

Pemberian Tumpeng Kepada Ketua BPD Desa Dero.

Setelah acara Tahlil dan doa selesai dilanjutkan dengan Acara Potong Tumpeng yang dilakukan Bapak Kepala Desa Dero Ariyadi untuk diberikan kepada Ketua BPD.

Sambutan Peserta KKN dari Unbraw Malang.

Dan untuk di ketahui bersama bahwasanya untuk malam Tirakatan dalam menyambut hari jadi kabupaten Ngawi di Desa Dero tahun ini suasana beda dengan tahun sebelumnya dikarenakan dihadiri Mahasiswa dari universitas Brawijaya Malang yang mengadakan Kuliah Kerja Nyata ( KKN) dan dalam kesempatan ini juga perwakilan dari peserta KKN juga memberikan sambutan.dalam sambutannya Peserta KKN mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pemerintah Desa Dero karena telah menyambut dengan baik kedatangan kami dan juga mengapresiasikan setinggi-tingginya kepada Perangkat Desa dan masyarakat desa Dero karena masyarakat selalu kompak dan Guyub Rukun.

Pada pukul 21.30 WIB Rangkaian Acara Malam Tirakatan dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Ngawi yang ke 661 di Desa Dero Kecamatan Bringin telah berakhir dan ditutup dengan dengan Bacaan Hamdallah bersama – sama. (Wo Thekle)