DERO.NGAWIKAB.ID – Sebagaimana diketahui melalui laman website www.gapuracintanegeri.com, Pemerintahan Republik indonesia (RI) melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bekerja sama dengan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) dan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) menyelenggarakan Festival Gapura Cinta Negeri tingkat RW memperebutkan Piala Presiden yang dimulai sejak tanggal 17 Juli 2019 sampai dengan 17 Agustus 2019 dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia\n serta untuk menciptakan sebuah gerakan yang mengusung nilai cinta negeri. Pemenang lomba Festival Gapura Cinta Negeri ini juga berkesempatan langsung bertemu Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo.

Gotong Royong masyarakat Dusun Dero Kidul RW 04

Gotong Royong masyarakat Dusun Tegal Duwur RW 01

Untuk mengikuti festival tersebut, Pemerintah Desa Dero mengutus RW 01 dan RW 04 untuk mengikuti lomba festival tersebut. , masyarakat di ke dua RW atau wilayah Dusun itu sangat antusias mengikuti festival ini. Mereka sangat bersemangat dalam bekerja sama menghias gapura desa agar menjadi gapura terbaik sehingga terpilih sebagai pemenang festival. banyak warga berbondong- bondong baik bapak-bapak maupun para pemuda bergotong royong membuat dan menghias gapura.

Pendirian tiang Gapura Dusun Dero Kidul RW 04

Pendirian tiang Gapura Dusun Tegal Duwur RW 01

Pj Kepala Desa Dero, Drs Sukiman saat di konfirmasi mengatakan “Dalam mengikuti Festival Gapura Cinta Negeri ini kami didukung oleh seluruh lapisan masyarakat Desa Dero terutama Dusun Tegal Duwur dan Dusun Dero Kidul. Semua ini juga sebagai wadah pendorong membangkitkan partisipasi dan menumbuhkan kreatifitas masyarakat untuk memajukan Desa Dero ini lebih maju lagi,” ujarnya.

Pj Kepala Desa Dero ( tengah kanan)

PJ Kepala Desa yang akrab dipanggil Mas Sukiman ini mengatakan, selain mengikuti festival tersebut kami juga mengajak seluruh masyarakat melestarikan budaya gotong royong serta hidup guyub rukun saling menghormati dan saling membantu serta saling bertanggung jawab. dalam kehidupan sehari-hari.

Gapura di wilayah RW 04 Dusun Dero Kidul.

Dan perlu diketahui untuk ke dua Gapura di masing-masing Dusun atau setingkat RW ini didesain berbeda.di RW 01 atau Dusun Tegal Duwur membuat Gapura Rumah adat Minangkabau Sumatera barat yaitu rumah Gadang dan Didusun Dero Kidul membuat Gapura Dari bambu yang di desain Gading sebagai ikon kota Ngawi ramah.(Wo Thekle)