Dero.Ngawikab.id – Bertempat di aula kantor Desa Dero pemerintah desa Dero adakan Musyawarah Desa (Musdes). Musyawarah ini merupakan forum permusyawaratan yang diikuti oleh BPD, Pemerintah Desa, dan unsur masyarakat Desa untuk menyepakati hal yang bersifat strategis dalam penyelenggaraan Pemerintahan desa.

Musyawarah desa yang dilaksanakan di Desa Dero kali ini mengagendakan Perubahan APBDes tahun 2019. Kegiatan musyawarah ini diawali sambutan Kepala Desa Dero Bpk. Ariyadi, Ia mengatakan Musyawarah perubahan APBDes tahun 2019 desa Dero ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan selama 1 kali dalam 1 tahun untuk perubahan APBDes, kegiatan ini sangat penting karena dari hasil penetapan perubahan APBDes ini menjadi pedoman pemerintah desa untuk melaksanakan program kerja desa.

Dengan adanya beberapa usulan yang sudah menjadi kesepakatan bersama dalam musdes ini akan menjadi keputusan musyawarah, dengan demikian Perubahan APBDes bisa tetapkan dan disahkan menjadi Perdes tentang Perubahan APBDes TA. 2019.

Adapun untuk rancangan perubahan APBDes Tahun Anggaran 2019 diantaranya mengubah atau mengurangi dari Bidang Pemerintah Desa, Bidang Pembangunan Desa dan Bidang Pemberdayaan. Sesuai dengan rancangan Perubahan APBDes nantinya akan dialokasikan ke Bidang Pemerintah Desa dan Pelaksanaan Pembangunan. Adapun Musyarawah Desa, terkait dengan Perubahan APBDes Tahun 2019 berjalan lancar, semua perangkat desa aktif dalam menyampaikan pendapat dan dilanjutkan sambutan dan tanggapan ketua BPD mengenai Perubahan ABDes Tahun 2019.

Sesuai dengan Persetujuan Bersama Pemerintah Desa Dero dan Badan Permusyawaratan Desa Dero disetujui Peraturan Desa Dero tentang Perubahan APBDes Tahun 2019. Yang nantinya Sekretaris Desa akan menyampaikan Perdes tentang perubahan APBdes kepada Bupati melalui Camat dan Camat akan menetapkan hasil evaluasi perubahan APBDes Tahun 2019 paling lambat 10 hari kerja sejak diterimanya Perdes tentang Perubahan APBDes tahun 2019.

Dengan berlangsungnya musyawarah desa yang partisipatif, demokratis, transparan dan akuntabel diharapkan akan mendorong gerakan swadaya gotong royong dalam penyusunan kebijakan publik, sekaligus melaksanakan nilai-nilai permusyawaratan, permufakatan, proses kekeluargaan, dan kegotongroyongan dalam pengambilan keputusan.

Musyawarah desa tersebut turut dihadiri Kepala Desa Dero Bpk. Ariyadi beserta perangkatnya, ketua BPD Bpk. Rahmat beserta anggotanya dan juga tokoh masyarakat desa Dero. (By :Wo Thekle)

Desa Dero Guyub Rukun.
Desa Dero lebih baik dan lebih maju.