Dero.NgawiKab.id – Cuaca mendung tak menyurutkan semangat warga Desa Dero tepatnya di Dusun Tegal Duwur, Kecamatan Bringin , Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, untuk melakukan kerja bakti, Kamis (14/11/2019). Sejak pagi puluhan warga bergotong-royong membongkar paving jalan setempat yang kondisinya rusak atau bergelombang.

Tanpa dikomando masing-masing warga turut andil mengambil bagian. Ada yang mencongkel kastin, paving, mengangkat dan memindahkan juga meratakan pasir dan menguruknya.

Kades Dero Ariyadi ikut mencongkel Kastin.

Di antara puluhan warga itu tampak Kades Dero, BPD Tegal Duwur, Kasun Tegal Duwur dan beberapa Prades Dero, Ketua RT dan RW ikut ambil peran. Kades yang sudah menjabat dua periode ini ikut mengangkat dan memindahkan satu per satu paving hasil congkelan warga.

“Kegiatan seperti ini harus mulai kita bangkitkan lagi. Karena spirit gotong-royong yang kita warisi dari nenek moyang ini semakin hari semakin memudar.kita sebagai masyarakat harus mempunyai jiwa Mulat Sarira Hangrasa Wani, Rumangsa Melu Handarbeni, Wajib Melu Angrungkebi yang mempunyai arti Berani Mawas Diri, Merasa Ikut Memiliki, Wajib Ikut Menjaga/Membela. Kalau bukan kita yang harus memulai lantas siapa lagi?” harap kades Dero ini disela-sela kerja bhakti.

“Demikian juga permasalahan bangsa yang semakin karut marut ini, hanya dengan gotong royong, dialog dan kerjasama tentunya semua permasalahan ini akan dapat kita selesaikan dengan lebih mudah dan ringan,” lanjut Kades Dero yang akrab dipanggil Mas Ari ini.

Antosias Warga masyarakat.

Sementara Kasun Tegal Duwur Suparno, juga tampak bersemangat melakukan kerja bhakti. Apalagi kegiatan ini dilaksanakan di lingkungan Dusun wilayahnya.

“Jalan paving sangat mudah dan murah dalam pemeliharaan, kita tinggal mengangkat dan menata ulang paving yang bergelombang. Ini hanya butuh kesadaran warga sekitar untuk terus melestarikan hasil pembangunan agar fungsi dan manfaatnya bisa dinikmati terus menerus,” sambung Kasun Tegal Duwur.

Seperti diketahui banyak jalan-jalan desa yang bersumber dari sharing APBD maupun ADD tahun sebelumnya telah dapat dinikmati hampir merata di seluruh wilayah desa Dero. Infrastruktur ini perlu dipelihara dan jaga bersama agar dapat bertahan lama.(Wo)