Dero.Ngawikab.id –  Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari,oleh,untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi.
Secara umum Posyandu merupakan wadah pemberdayaan masyarakat yang dibentuk melalui musyawarah mufakat di desa dan dikelola oleh Pengelola Posyandu, dalam hal ini adalah Kader Posyandu yang di bantu oleh Bidan Desa.

Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan di Desa Dero adalah Kegiatan posyandu. Perlu di ketahui di desa Dero ada dua posyandu yaitu
1.Posyandu Anggrek tempatnya di dusun Kaliwangon dilaksanakan setiap tanggal 24 di tiap bulannya.
2.Posyandu Melati diselenggarakan di setiap tanggal 23 juga di tiap bulannya.

Di karenakan tanggal 23 besuk ada acara komunitas motor CB di waduk pondok yang pesertanya melewati jalan depan kegiatan posyandu Melati demi kelancaran dan keamanan peserta posyandu maka kegiatannya di ajukan hari ini 22/11/19.

Secara umum ,Kegiatan yang dilakukan di dua Posyandu ini dibagi dua menjadi kategori yaitu balita dan lansia, Di posyandu Melati adalah menangani kategori balita,dan untuk di posyandu Anggrek menangani kategori balita dan lansia. Bentuk pelayanan tersebut meliputi penimbangan balita untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan anak. Penimbangan secara rutin di Posyandu dilakukan untuk memantau pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita atau yang saat ini di kenal istilah stunting.

Adik adik balita menikmati makanan tambahan.



Dari kegiatan penimbangan yang dicatat dalam KMS (Kartu Menuju Sehat) dapat diketahui status pertumbuhan balita. KMS ini merupakan kartu yang memuat data pertumbuhan, perkembangan, imunisasi, dan informasi penting lainnya, sehingga kita dapat melihat keberhasilan program (kesehatan dan pertumbuhan) melalui grafik pada kartu KMS. Selain itu juga dilakukan pemberian imunisasi pada balita untuk menjaga kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang menyerang anak-anak. Seperti imunisasi BCG, DPT, Polio, Hepatitis B, dan juga Campak serta Pemberian Vitamin.

Kader posyandu mencatat perkembangan balita.


Pemberian Makanan Tambahan.



Menu PMT bulan November.

Selaku Bidan Desa Dero, ibu wiji Selalu hadir dalam kegiatan ini dan Saat kami temui mengatakan,” khusus untuk bulan November ini posyandu melati mengagendakan progam Pemberian Makanan Tambahan( PMT) dengan menu:
Nasi, kroket patin Dan sayur,”ini adalah program serentak kabupaten Ngawi di bulan November ini'” ungkapnya.


Sementara Itu, Ibu Kepala Desa Eni Sulistyowati Selaku Tim Penggerak PKK Desa Dero, menyampaikan pentingnya Kegiatan Posyandu, karena menurut beliau pada dasarnya Posyandu mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Masyarakat bisa sadar arti pentingnya kesehatan. Baik kesehatan diri sendiri, anak, keluarga dan lingkungan masyarakat.
Menyorot Tentang Pentingnya Peran Para Kader Posyandu, Ibu Kades memberikan Apresiasi dan ucapan Terima Kasih yang besar kepada mereka, karena dengan Jumlah Insentif yang jauh dari kata cukup mereka masih bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat Desa. “Alhamdulillah kader-kader Posyandu di desa kami merupakan kader yang aktif dalam memberikan pelayanan dan perhatian kepada masyarakat dan serius menangani masalah-masalah kesehatan masyarakat,” jelasnya.