DERO.NGAWIKAB.ID – Ketua TP PKK Desa Dero beserta anggota dan kader – kader posyandu serta sebagian ibu ibu masyarakat Dero mengikuti Pemeriksaan IVA Test untuk mendeteksi dini kanker serviks di Puskesmas Bringin, Jum’at pagi (29/11/19).

Saat kami temui di sela sela kegiatan “Kalau di periksa sekarang kita bisa tahu apakah positif atau tidak, jadi lebih bagus, makanya ibu-ibu jangan malu untuk periksa kanker serviks melalui IVA Test,” ungkapnya.

Ibu Eni Sulistyowati dan Petugas Pemeriksa.

Dalam acara ini ada sekitar 35 orang dan masyarakat umum yang mengikuti pemeriksaan IVA Test, sementara itu dalam hasil pemeriksaan tidak ada yang positif terindikasi menderita kanker serviks.

Salah satu warga,tidak mau disebut namanya, yang ikut pemeriksaan mengatakan dirinya merasa gugup saat mengikuti pemeriksaan IVA ini.
“Saya gugup karena baru pertama kali mengikuti pemeriksaan seperti ini, tapi menurut saya ini penting untuk tahu saya terkena kanker serviks atau tidak,” ungkapnya.

Bapak Katon, selaku Kepala Puskesmas Krompol saat kami temui ,“Kegiatan pemeriksaan seperti ini merupakan standar pelayanan minimal di puskesmas kami, namun kami galakkan lagi ke desa-desa dan melalui kegiatan ini bagi perempuan yang subur dan punya pasangan, minimal dilakukan pemeriksaan 1 kali setiap setahun ,” ujar Katon.

Ibu – Ibu Antri Mendaftar.

Kanker serviks sendiri merupakan jenis kanker yang menjadi momok bagi para perempuan dan termasuk ganas yang berkembang di leher rahim ini disebabkan oleh infeksi virus Human papillomavirus (HPV), yang dapat ditularkan baik melalui hubungan seksual maupun lewat kontak kulit ke kulit, akan tetapi dapat dicegah dan dideteksi sejak dini agar dapat meningkatkan peluang kesembuhan.

IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) Test sendiri adalah salah satu cara untuk mendeteksi kanker serviks yang cenderung lebih murah karena pemeriksaan dan hasilnya diolah langsung, tanpa harus menunggu hasil laboratorium, di mana tes ini dilakukan menggunakan asam asetat atau asam cuka dengan kadar 3-5 persen, yang kemudian diusapkan pada leher Rahim dan hasilnya akan langsung ketahuan, apakah Anda dicurigai memiliki kanker serviks atau tidak.

Antusias Ibu- ibu dalam menunggu antrian.

Walaupun menyeramkan, tapi pemeriksaan ini tidak menyakitkan dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja, dimana bila jaringan leher rahim memiliki sel kanker, maka biasanya jaringan akan terlihat luka, berubah menjadi putih, atau bahkan mengeluarkan darah ketika diberikan asam asetat.
Tapi jika jaringan leher rahim yang normal, tidak akan menunjukkan perubahan apapun jika dilakukan IVA test.