DERO.NGAWI.KAB.ID – Hujan yang tak kunjung tiba menyebabkan para petani di desa Dero mengalami kesulitan air untuk mengolah sawahnya. Padahal seharusnya bulan November ini sudah memasuki masa tanam.Akibatnya, para petani di desa Dero terpaksa harus mengeluarkan tambahan biaya untuk mengairi sawahnya dan mengolah lahannya karena benih padinya sudah berumur .

Sukamto

Misalnya dialami petani di desa Dero, Pada Sabtu (30/11/2019), tampak seseorang petani yang namanya Sukamto, terlihat sedang membajak sawahnya dan menggunakan pompa air diesel untuk mengairi lahannya yang sedang dalam proses pembajakan.

Bapak dari dua anak ini, mengatakan meski sudah memasuki musim tanam pada musim kemarau ini, dirinya mengaku tidak khawatir dengan persoalan air untuk mengairi sawahnya.Bedanya, bila pada saat musim penghujan, biaya yang diperlukan hanya untuk bibit dan biaya perawatan saja, namun pada saat musim kemarau panjang seperti ini ada biaya tambahan untuk kebutuhan air.

Baca juga:

Cegah Sakit dan Penyakit, Anak SD di Desa Dero Mendapat Program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).

Namun, ia mengaku harus mengeluarkan biaya lebih besar untuk mencukupi kebutuhan air di sawahnya. Biaya tersebut untuk menyedot air dari dalam sumur yang kedalamannya mencapai sekitar 70 meter.

Sukamto membajak sawah.

Saat musim penghujan, para petani termasuk dirinya bisa mengandalkan air hujan dari sungai aliran waduk pondok yang ada di dekat areal sawah. Tetapi, pada saat musim kemarau panjang seperti saat ini, sungai di dekat sawahnya kering tidak ada airnya dikarenakan juga air dari aliran waduk pondok yang biasanya mengalir sekarang tidak mengalir.

“Biasanya ya dari air hujan dan dari sungai aliran waduk pondok. Kalau sekarang musim kemarau seperti ini ya ngambil airnya dari sumur tanah,” jelas dia.

Untuk sekali masa tanam, ia membutuhkan biaya hingga Rp1,8 juta, khusus untuk memenuhi kebutuhan air. Biaya itu untuk kebutuhan air di lahan dengan ukuran sekitar 2000 meter persegi dan mudah-mudahan hujan segera turun,”pungkasnya.

BACA JUGA

Sekilas Profil Petugas Operator Website DESA DERO.