DERO.NGAWIKAB.ID – Kegiatan Posyandu Balita Anggrek di Desa Dero , Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi berlangsung antusias. Yang mana dan perlu di ketahui bahwa Desa Dero mempunyai 2 Posyandu yang pernah kami sebutkan di halaman pos website terbitan tanggal 22 November 2019. Yaitu Posyandu Melati di Dusun Dero Lor dan Posyandu Anggrek di Dusun Kaliwangon. Dan perlu diketahui Kegiatan rutin Posyandu sudah di jadwalkan dan dilaksanakan 1 bulan 1 kali yang mana pada tiap tanggal 23 di tiap bulannya adalah jadwal Posyandu Melati dan di setiap tanggal 24 bertepatan hari ini adalah jadwal Posyandu Anggrek.

Timbangan.

Kader PKK mencatat perkembangan Balita.

Antosias ibu ibu dalam mengikuti posyandu.

Menu PMT bulan November sesuai program Kab Ngawi.

Penyuluhan kepada ibu – ibu oleh kader PKK.

Posyandu merupakan perpanjangan tangan Puskesmas yang memberikan pelayanan dan pemantauan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu. Kegiatan posyandu dilakukan oleh dan untuk masyarakat. Posyandu sebagai wadah peran serta masyarakat, yang menyelenggarakan sistem pelayanan pemenuhan kebutuhan dasar, peningkatan kualitas manusia, secara empirik telah dapat memeratakan pelayanan bidang kesehatan. Kegiatan tersebut meliputi pelayanan imunisasi, pendidikan gizi masyarakat serta pelayanan kesehatan ibu dan anak (Departemen Kesehatan, 1999).

Ibu Suryati,” Ketua Posyandu Anggrek Desa Dero.

Menurut ibu Suryati selaku Ketua Posyandu anggrek Desa Dero, peserta Posyandu anggrek saat ini diikuti oleh balita kurang lebih 40 lebih anak balita. Usia mereka bervariasi antara 0 sampai 59 bulan. Umumnya, rata-rata masyarakat Desa Dero membawa anaknya untuk Posyandu pada usia lebih dari sebulan yang dilakukan atas dasar adat kepercayaan mereka. Peningkatan jumlah balita sejak tahun lalu pun cukup signifikan, pasalnya dalam setiap bulan di Desa Dero pasti ada yg melahirkan.” Dan di posyandu anggrek ini di adakan Arisan beras yang di ikuti oleh semua peserta posyandu dan kader-kader posyandu Dan bila ada yang mendapat ( njebol) sesuai kesepakatan untuk tambahan kas posyandu” tambah Suryati.

Bidan Dero,” Ibu Wiji.

Di sela sela kegiatan ini, saat kami temui Ibu bidan desa Dero Mengharapkan “bagi masyarakat desa Dero yang mempunyai anak balita mulai dari 0 sampai 59 bulan untuk membawa anak ke Posyandu balita. Dan sesuai program Pemerintah kita akan gencar melaksanakan program cegah Stunting di posyandu Desa Dero,”Harapnya.

Ibu Kades Dero Eni Sulistyowati Selaku Tim Penggerak PKK.

Hal senada juga disampaikan oleh Ibu kepala desa Dero Eni Sulistyowati Selaku Tim penggerak PKK saat kami temui di kegiatan ini ,beliau mengharapkan kepada semua ibu masyarakat Dero terutama ibu-ibu yang mempunyai Balita untuk berbondong bondong membawa Balita Nya datang ke Posyandu dan Mengajak ibu-ibu utk periksa iva agar terhindar dri penyakit kanker servik serta beliau mengapresiasi untuk kegiatan pelayanan dari petugas atau kader-kader posyandu yang ada di Desa Dero, Saya berharap kedepan kualitas pelayanan terus ditingkatkan dan tetep kompak dan semangat untuk mengabdikan diri untuk kemaslahatan umat terutama untuk masyarakat Desa Dero.” tambahnya

Tujuan dari Posyandu salah satunya untuk meningkatkan kesehatan bagi balita, memberikan imunisasi yg berfungsi untuk memberikan sistem kekebalan tubuh bagi balita tersebut.