DERO.NGAWIKAB.ID – Sebagai bagian dari kegiatan Pemerintahan Desa Dero (Pemdes Dero) adalah meliputi Pembangunan Pembinaan Kesehatan. Salah satunya adalah kegiatan POSYANDU. Posyandu bukan hanya melulu soal bayi dibawah lima tahun, Namun Posyandu khusus bagi para lanjut usia pun di agendakan.

Antusias lansia dalam mengikuti Posyandu.

Kegiatan Pembinaan bidang Kesehatan ini di adakan di Dusun Kaliwangon di rumah ibu Suyatmi (26/11/2019). Kegiatan ini di laksanakan setiap Tiga bulan . Tampak sekitar 40 an para masyarakat lanjut usia ini berkumpul dan memeriksakan kesehatan dengan tertib.

Alur Kegiatan Posyandu Lansia sama dengan kegiatan yang ada di Posyandu Balita yaitu:

Pendaftaran.

Meja 1 : Pendaftaran, Mendaftarkan lansia, kemudian kader mencatat lansia tersebut. Lansia yang sudah terdaftar di buku register langsung menuju meja selanjutnya.

pengukuran tinggi badan, berat badan,lingkar perut.

Meja 2: Kader melakukan pengukuran tinggi badan, berat badan,lingkar perut.

Pengisian Kartu Menuju Sehat.

Meja 3: Pencatatan (Pengisian Kartu Menuju Sehat) kader melakukan pencatatan di KMS lansia meliputi : tekanan darah, berat badan, tinggi badan.

penyuluhan oleh Bu Wiji,”Bidan Desa

Meja 4: Penyuluhan, penyuluhan kesehatan perorangan berdasarkan KMS dan pemberian makanan tambahan.

Pengecekan tensi darah oleh Petugas PKM Bringin.

Pemberian obat.

Meja 5: Pelayanan medis, Pelayanan oleh tenaga professional yaitu petugas dari Puskesmas Bringin, yakni meliputi kegiatan pemeriksaan tensi darah,suntik dan pemberian obat dan pengobatan ringan.

Mbah Rijan,” Peserta posyandu lansia.

Dalam kesempatan ini kami menemui salah satu warga Lansia, Mbah Rijan namanya,” saya sangat senang sekali karena di masa tua saya ada program posyandu lansia di desa Dero, semoga dengan saya mengecek kesehatan,saya di beri Kesehatan Selalu,” ucapnya

Senam Lansia.

Antusias dalam mengikuti senam lansia.

Pemberian Makanan Tambahan ( PMT).

Bidan desa Dero,” Ibu Wiji.

Ibu Wiji, bidan Desa Dero Kecamatan Bringin mengatakan bahwa di Desa Dero baru ada satu Posyandu Lansia yang sudah berjalan yakni di posyandu Anggrek ini,Lebih lanjut Wiji menjelaskan bahwa tujuan dari Posyandu lansia adalah meningkatkan kesadaran lansia untuk membina sendiri kesehatannya dan meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia. Kegiatan Posyandu Lansia diakhiri dengan pemberian makanan bergizi dan juga ada kegiatan senam lansia.

Ibu Eni Sulistyowati Selaku Ketua Tim Penggerak PKK Desa Dero.

Disisi lain Ibu Kepala Desa Dero, Eni Sulistyowati Selaku Tim Penggerak PKK Selalu aktif dan setia mendampingi kegiatan seperti ini, beliau mengatakan bahwa Usia lanjut memang rentan terkena penyakit atau gampang sakit maka dari itu dengan adanya posyandu lansia Mengajak masyarakat Desa Dero dalam hal ini terutama Warga masyarakat usia lanjut untuk aktif datang mengecek kesehatanya dengan harapan warga masyarakat Dero di Masa tua sehat dengan posyandu lansia.