DERO.NGAWIKAB.ID – Narkoba dan Pergaulan bebas merupakan salah satu musuh besar perusak generasi muda, dan tidak bisa dipungkiri bahwa narkoba bukan hanya beredar di perkotaan akan tetapi telah menjangkau daerah pedesaan, sehingga generasi muda penerus wajib dibekali wawasan tentang bahaya hal tersebut.

Berita terkait: Pemerintah Desa dan Perangkat Desa Dero Sambut Senang Mahasiswa Universitas Soerjo Ngawi KKL di Desa Dero.

Berdasarkan hal tersebut Mahasiswa Universitas Soerjo Ngawi kelompok 10 yang melaksanakan KKL (Kuliah Kerja Lapangan) di Desa Dero menggandeng pemerintah desa untuk mengundang masyarakat Dero yang sebagian besar tokoh pemuda untuk mengikuti sosialisasi tentang “Bahaya Narkoba dan Pergaulan Bebas” di Aula Kantor Desa Dero (8/12/19) Malam. Ini dilakukan sebagai bentuk pengabdian mahasiswa di Desa Dero, dan merupakan salah satu dari serangkaian kegiatan yang menghadirkan dua narasumber dari Ikatan Permusyawarahan Remaja Ngawi.

Ryan Ardhianto, sedang menyampaikan materi.

Narasumber pertama, Ryan Ardhianto menjelaskan dari segi hukum akibat dari memiliki, menggunakan dan atau mengedarkan narkoba berdasarkan undang-undang narkotika dan ia menegaskan bahwa salah satu hal penting yang bisa menghindarkan generasi muda dari narkoba dan pergaulan bebas adalah berhati-hati dalam memilih teman, karena pergaulan yang salah dapat membawa sesorang pada jalan yang salah. Ryan juga menjelaskan akibat narkoba dari sisi kesehatan.Dijelaskan, pemakaian narkoba dapat menyebabkan kerusakan pada organ tubuh, HIV AIDS bahkan lebih buruknya dapat menyebabkan kematian. Untuk itu, dianjurkan pada peserta sosialisasi agar jangan mencoba menggunakan narkoba,”pungkasnya

Baca Juga:Kunjungan Mahasiswa Soerjo Ngawi Dalam Geliat Paud Posyandu desa Dero.

Selanjutnya narasumber kedua
Arif Setyo Utomo memaparkan tentang jenis-jenis narkoba dan akibat penyalahgunaan narkoba serta, paparan lanjutan yang disampaikan yaitu akibat pergaulan bebas yang dapat mengakibatkan kehamilan di usia dini.

Peserta Sangat Serius dalam mengikuti Sosialisasi.

Selama kegiatan, seluruh peserta sangat antusias mengikuti kegiatan, terutama pada sesi pertanyaan yang disampaikan oleh Kasiran, salah satu warga Dero yang bertanya tentang tayangan televisi yang menggambarkan bahwa narkoba dan pergaulan bebas adalah hal yang biasa, dan dijelaskan oleh pemateri bahwa sebenarnya tayangan televisi tersebut menggambarkan kepada penonton tentang bahaya dan akibat narkoba dan pergaulan bebas agar tidak dicontoh oleh generasi muda.

Pada kesempatan yang sama Kepala Desa Dero Ariyadi mengucapkan terima kasih kepada para mahasiswa Soerjo Ngawi yang telah menyelenggarakan sosialisasi sebagai bentuk kepedulian mahasiswa pada generasi muda di masyarakat Dero.Ia mengharapkan pada generasi muda penerus bangsa agar dapat menjadi generasi yang sehat, produktif, dan berdaya saing dimana hal tersebut hanya bisa terjadi apabila bebas dari narkoba dan pergaulan bebas dan ia mengajak kepada undangan yang hadir untuk menyampaikan hasil sosialisasi tentang bahaya narkoba dan pergaulan bebas kepada masyarakat Dero lainnya,”Pungkasnya.

Tak Kenal Maka Tak Sayang,Baca Juga: Sekilas Profil Operator Website Desa Dero.