DERO.NGAWIKAB.ID – Salah satu kebudayaan yang menjadi identitas masyarakat desa adalah kerja bakti.Kerja bakti adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu tanpa mengharapkan imbalan berupa apapun.

Kegiatan kerja bakti masih sering kita jumpai di lingkungan pedesaan. Semangat kerja bakti dan gotong royong memang masih sangat tinggi. Masyarakat desa dengan sukarela dan senang hati melakukan kegiatan kerja bakti. Berbagai macam kegiatan kerja bakti, antara lain adalah pembersihan saluran air, pemugaran tugu dusun, perbaikan poskampling ,perbaikan jalan dan bersih-bersih makam dan lain sebagainya.

Indahnya Kebersamaan Bersama Kades Dero.

Seperti halnya yang dilakukan oleh warga Dusun Dero Lor yang tergabung dalam Paguyuban Peduli Makam desa Dero. Minggu 22/12/19 melaksanakan kegiatan kerja bakti di makam besar dusun Dero Lor.

Baca Juga :

Paguyuban Peduli Makam yang anggotanya adalah jamaah yasin musolla jln Sawo ini sejak berdiri sudah berjalan sekitar 2,5 tahun,dan mempunyai program yaitu kegiatan kerja bakti rutin yang dilaksanakan setiap hari Minggu Legi di tiap bulannya.dengan tujuan selain mendukung pemerintah desa Dero dalam hal kebersihan juga mempunyai tujuan mulia yaitu wujud bakti terhadap leluhur.

Tampak Sebagian Warga menggunakan Tank , untuk Mengobat Rumput.

Kegiatan ini selain anggotanya yang selalu aktif ikut kerja bakti juga di ikuti oleh warga masyarakat lingkungan makam . Sasaran kerja bakti adalah pembersihan semak, rumput dan sampah di areal makam.

Kebersamaan dengan seluruh komponen masyarakat untuk peduli akan kebersihan lingkungan harus tetap dijaga bersama, disamping itu kegiatan tersebut merupakan hal positif yang bertujuan membangun masyarakat dalam menumbuhkan semangat gotong royong.

Kades Dero, saat membelikan Minuman jamu untuk warga yang kerja bakti.

“Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini, masyarakat akan lebih peduli tentang pentingnya gotong-royong dalam menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga tradisi kearifan lokal, sebagai bentuk rasa hormat dan beban moral untuk menghargai jasa para leluhur yang telah meninggal dunia,” terang Kepala Desa Dero yang turut hadir pada kegiatan tersebut.

Tak Kenal Maka Tak Sayang,Baca Juga:Sekilas Tentang Profil Operator Website Desa Dero.