DERO.NGAWIKAB.ID – Di Kutip dari Laman Website Desa.Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi adalah sebuah keniscayaan. Hampir seluruh lapisan masyarakat dalam kesehariannya berinteraksi dengan dunia maya mengakses internet, media sosial maupun teknologi daring lainnya.

Perkembangan teknologi yang semakin maju di era industri 4.0 ibarat pisau bermata dua, bisa berdampak positif maupun negatif. Kita akan dihadapkan pada sebuah dilema kalau tidak bisa menyikapinya dengan bijak. Akses yang mudah dan luas bagi semua kalangan masyarakat menjadikan internet sebagai media yang paling cepat dalam menyampaikan dan menerima informasi, terlepas suguhan konten yang ada di dalamnya bisa dipertanggungjawabkan atau tidak.
Hal itu disadari betul oleh pemerintah. Dalam kaitannya dengan transparansi program kegiatan pembangunan di desa maka Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Dinas Komunikasi dan Informatika mengadakan pelatihan desain grafis dan pengelolaan website desa bertempat di kediaman wakil bupati Ngawi Ony Anwar Harsono jalan Hasanudin No. 44 Ngawi, Minggu (12/01/2020).

Baca : Sekilas Tentang Profil Operator Website Desa Dero.

Narasumber Satria Eka Widhiarsa, SE. M.Si sedang menyampaikan materi.

Salah satu narasumber dari Diskominfo, Satria Eka Widhiarsa, SE. M.Si (Kepala Bidang Teknologi Informasi Komunikasi dan Persandian Diskominfo) menyampaikan materi pengenalan tentang bagaimana menyikapi perkembangan kemajuan teknologi informasi khususnya internet dengan baik.“Informasi saat ini sangatlah penting, bagaimana kita memberikan informasi yang berkualitas kepada masyarakat. Saat ini penggunaan banner, radio, surat dan lain lain, sudah tergeser dengan adanya website“.” Ungkapnya

Ia menjelaskan, adalah sebuah kewajiban untuk menyampaikan informasi atau berita yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan untuk meng-“counter” berita-berita bohong atau hoax.,”Jelas Satria

Pengelolaan website desa yang baik akan bermanfaat dalam menyampaikan informasi tentang progres atau perkembangan program dan kegiatan desa secara transparan kepada masyarakat. Hadir juga dalam pembukaan pelatihan tersebut Kepala Bidang Pengelolaan dan Layanan Informasi Publik Diskominfo, Ahmad Sufandi Nasrul Hadi, SH.

Antusiasme Operator Website Desa Mengikuti Materi Desain Infografis.

Materi berikutnya adalah desain infografis yang dipaparkan oleh Relawan TIK Ngawi Tri Adhy Prabowo. Dasar-dasar pengoperasian Microsfot Power Point disampaikan pada sesi ini, bagaimana teknis membuat desain infografis yang berkenaan dengan pengelolaan keuangan sebagai contoh Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Puluhan, bahkan mungkin ratusan peserta yang notabene operator website desa se-Kabupaten Ngawi tampak bersemangat mengikuti pelatihan sampai selesai.