DERO.NGAWIKAB.ID – Seorang pemimpin dalam suatu kelompok kecil warga adalah mutlak diperlukan. Pemimpin tersebut dinamakan Ketua Rukun Tetangga, singkatnya Ketua RT. Ketua RT dipilih oleh warga di daerah tersebut dengan cara mengadakan pemilihan, yang berhak menjadi ketua RT adalah diambil dari suara terbanyak. Setelah terpilih, selanjutnya Ketua RT menunjuk beberapa warga untuk dijadikan sebagai pengurus, antara lain sekretaris, bendahara dan beberapa seksi-seksi. Setelah kepengurusan terbentuk, barulah mereka bisa mulai untuk bekerja.

Baca Juga : Sekilas Tentang Profil Operator Website Desa Dero.

Pada hari Sabtu tanggal 11/01/2020 Pukul 20.00 WIB, Pemerintah Desa Dero Tepatnya Dusun Kaliwangon RT.03/RW.003 melaksanakan pemilihan Ketua RT yang bertempat di Rumah Mbah Raninyo ( ketua RT 03/RW 03 yang Purna karena usia lanjut) . Pelaksanaan pemilihan ketua rt ini dihadiri oleh Kades Dero Ariyadi,Kasun Kaliwangon, Ketua RW 03 dan Juga Ketua Bpd Desa Dero serta masyarakat yang bertempat tinggal di wilayah RT.03/RW.003

Salah satu warga sedang menulis nama pilihannya di dalam kertas kecil kosong yang sifatnya rahasia.

Warga yang hadir menunggu giliran untuk memilih Ketua RT.

Sesuai kesepakatan peserta musyawarah, sistem pemilihanya adalah dari warga masyarakat RT 03/RW 03 yang saat itu hadir ada 36 kepala rumah tangga, semua yang hadir berhak untuk memilih dan dipilih melalui kertas kecil kosong yang selanjutnya di tulisi nama pilihannya sesuai hati nurani dan sifat nya rahasia setelah itu di masukan kotak.dan setelah selesai kertas yang ada di kotak tadi di bacakan oleh Kasun Kaliwangon.al hasil Ada 8 nama yang mendapatkan suara, Hasil perhitungan suara menyatakan bahwa yang menjadi ketua RT.03/RW.003 yaitu Bapak Bakri dengan perolehan suara terbanyak 22 suara dari total suara sebanyak 36 suara.dan Secara otomatis yang menerima amanah adalah ketua RT adalah Bapak Bakri.

Dalam sambutannya Kades Dero Menjelaskan tugas-tugas menjadi Ketua RT yaitu :

  • Memberikan layanan kepada masyarakat yang menjadi tanggung jawabnya
  • Memelihara kerukunan masyarakat setempat
  • Merencanakan serta melaksanakan pembangunan berdasarkan aspirasi masyarakat setempat
  • Menjembatani hubungan warga dengan Pemerintah Daerah
  • Membantu menyelesaikan masalah-masalah publik di area setempat
  • Mengkoordinasi dan memberikan komando ke jajaran pengurus RT lain
  • Mengevaluasi kinerja pengurus RT lain
  • Merumuskan dan memberikan sanksi kepada warga berdasarkan musyawarah dengan masyarakat setempat

Penyerahan Stempel dan arsip data dari Ketua RT yang lama kepada Kades Dero yang di saksikan Ketua BPD dan Kasun Kaliwangon.

Di akhir kegiatan ini ada acara penyerahan stempel dan buku kerja dari ketua RT yang lama kepada Kades Dero dan setelah itu dari Kades Dero menyerahkan stempel dan buku kerja tersebut kepada Bakri selaku ketua RT yang baru.

Penyerahan Stempel dan Buku Kerja Dari Kades Dero Kepada Bakri Selaku Ketua RT yang Baru disaksikan Ketua BPD dan Kasun Kaliwangon.

Masyarakat berharap dengan tepilihnya Bapak Bakri sebagai ketua RT bisa memberikan kontribusi yang lebih baik lgi bagi masyarakat Dusun Kaliwangon di RT.03/RW.003, dan bisa menampung dan mengolah aspirasi masyarakat mengenai pembangunan desa dengan cepat dan tepat, sehingga bisa mewujudkan masyarakat desa yang sejahtera.