DERO.NGAWIKAB.ID – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Ngawi menggelar rapat koordinasi Sensus Penduduk 2020 di Pendopo kantor Kecamatan , Selasa, 24 Februari 2020.

Berita Terkait :

Kepala Seksi (Kasi) Integrasi Pengolahan dan Desiminasi Statistik (IPDS) BPS Kabupaten Ngawi Is Subandi mengatakan Sensus Penduduk sudah 7 kali dilaksanakan sejak Indonesia merdeka.

Sambutan dari Kepala Seksi (Kasi) Integrasi Pengolahan dan Desiminasi Statistik (IPDS) BPS Kabupaten Ngawi Is Subandi

Namun pada Sensus Penduduk (SP) 2020 akan ada perubahan konsep dan metodologi yang digunakan dalam mendapatkan data kependudukan. Dimana dalam pelaksanaannya menggunakan data administrasi kependudukan dari Dukcapil sebagai basis data dasar yang kemudian dilengkapi pada pelaksanaan SP 2020.

“Hal ini sejalan dengan Perpres Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, ” kata Is Subandi

Dalam pengumpulan data, jelas Is Subandi BPS menggunakan dua cara yaitu sensus penduduk secara mandiri dengan sistem daring/online atau SP online yang dilaksanakan sejak 15 Februari 2020 hingga 31 Maret 2020.

Cara kedua yakni manual. Cari kedua ini, petugas sensus akan mendatangi setiap rumah warga untuk melakukan wawancara terkait sensus penduduk yang akan dimulai pada 1-31 Juli 2020 mendatang.

“Kesuksesan sensus penduduk ini memerlukan dukungan dari berbagai pihak,” kata dia.

Camat Bringin Supriyadi mengintruksikan kepada kepala desa hingga tingkat ketua RT agar berperan aktif dalam mendukung pelaksanaan sensus penduduk pada 1-30 Juni 2020 mendatang.

Sambutan Camat Bringin Supriyadi.

“Sebab hasil dari sensus penduduk itu akan dijadikan sebagai dasar perumusan kebijakan pemerintah,” kata Supriyadi.

Baca Juga :

Undangan yang hadir dalam Rapat Kooordinasi ini selain Camat Bringin Supriyadi hadir juga dari UPT Puskesmas Bringin, pengawas pendidikan bringin, KSK Kec Bringin dan semua Kades se-wilayah Kecamataan Bringin.