DERO.NGAWIKAB.ID – Indonesia, khususnya di Jawa Timur , bambu atau pring(bahasa Jawa) sudah sangat lekat dengan kebudayaan dan tradisi masyarakat. Apalagi di kabupaten Ngawi Bambu merupakan kata dari asal usul nama Ngawi.

Ngawi berasal dari kata“AWI” yang artinya bambu yang selanjutnya mendapat tambahan huruf sengau “Ng” menjadi “NGAWI” . Seperti halnya dengan nama-nama di daerah-daerah lain yang banyak sekali nama-nama tempat (desa) yang di kaitkan dengan nama tumbuh-tumbuhan. Seperti Ngawi menunjukkan suatu tempat yang di sekitar pinggir Bengawan Solo dan Bengawan Madiun yang banyak ditumbuhi bambu dan bambu tersebut mudah diolah menjadi berbagai benda untuk memenuhi kebutuhan keseharian, seperti bahan makanan, perabotan, kerajinan, bahkan material konstruksi. Salah satu cara masyarakat mengolah bambu adalah dengan menganyam.

Tepatnya di Desa Dero Kecamatan Bringin adalah Salah satu desa yang masyarakatnya mengembangkan kerajinan anyaman bambu. Kerajinan yang dihasilkan para pengrajin rumahan asal Desa Dero ini memiliki ciri khasnya tersendiri. Anyaman bambu yang dihasilkan terkenal kuat karena dibuat menggunakan tangan dan sangat telaten dalam pembuatannya. Selain itu, anyaman bambu yang dibuat pun tidak melupakan fungsi estetika. Tak hayal,Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Sektretaris Daerah dan BKM Ngawi di tahun 2018 mengundang para pengrajin untuk mengikuti pelatihan di pendopo kabupaten Ngawi,sehingga desa Dero terkenal dengan anyaman bambunya dan menjadi icon Serta Produk Unggulan Desa Dero.

Berita Terkait:

Contoh Kecil Anyaman Bambu Desa Dero.

Terkait dengan hal tersebut khususnya Dusun Dero Lor yang merupakan sentra pusatnya anyaman bambu desa Dero sering mendapatkan Kunjungan dari lembaga pemerintah, lembaga pendidikan ataupun lembaga lainnya. Seperti pada hari Kamis tanggal 13/02/20, Sejumlah Lima siswa kelas 3 Jurusan multimedia dari SMK PGRI 1 NGAWI mendapatkan tugas sekolah untuk meliput potensi desa terutama mengenai produk unggulan desa Dero yaitu anyaman bambu yang nantinya hasil dari liputan ini akan menjadi sebuah video kreatif yang akan di nilai oleh guru sekolah.

Baca Juga:

Ariyadi selaku Kades Dero,dalam penyambutannya di ruang kerjanya Sebelum pengambilan video mengatakan,

“Saya mewakili pemerintah desa dero mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada adik-adik semua terutama para guru SMK 1 PGRI ngawi Jurusan multimedia yang telah memilih desa kami untuk sebuah tugas peliputan video kreatif tentang profil desa, potensi desa terutama maslah produk unggulan desa kami yaitu anyaman bambu,”Ucap Ariyadi

”Semoga dengan adanya kunjungan dalam rangka tugas untuk menggali sejarah anyaman bambu serta cara pembuatan dan pemasaran Nya yang diwujudkan dalam sebuah video kreatif ini, dapat menjadikan produk unggulan desa kami lebih di kenal masyarakat luas,”Harapnya.

”Dan nanti untuk yang mendampingi adik-adik menuju sentra produksi,biar Pak Wo Dero Lor sama Pak Wo Tegal Duwur selaku operator website desa,”pungkas Ariyadi

Setelah acara penyambutan dan pembuatan video wawancara , Kegiatan Lima siswa tersebut langsung dilanjutkan ke lokasi rumah masyarakat yang menjadi sentra membuat anyaman bambu yaitu di Dusun Dero Lor yang didampingi Kasun Dero lor juga menggandeng kasun tegal duwur selaku operator website desa dero.

Puryanto,”Kasun Dero lor Sedang Memberikan Penjelasan Tentang asal usul sentra anyaman bambu di desa Dero.

Dalam kegiatan peliputan ini, mulai dari sejarah, bahan bambu berasal dari mana, pembuatan kerajinan apa saja serta pemasarannya bagaimana Dan sampai mana semua di tanyakan pada Nara sumber yang merupakan asli pengrajin anyaman bambu desa Dero lor.

Proses Wawancara yang di liput dan akan di buat video kreatif

Ary Pambudi,salah satu siswa yang meliput tugas pembuatan video kreatif ini saat kami konfirmasi Mengatakan,

“Kami sangat berterimakasih sekali pada Pak Ariyadi selaku kades Dero Dan semua perangkat desa Dero serta Karena mulai dari awal penyambutan kedatangan kami sampai menuju tempat pengrajin anyaman bambu ini,kami benar-benar disambut dengan baik,ramah dan juga di layani dengan baik dari segi penjelasan dan lainnya,”Ucap Ary.

“Dan kami minta do’a Restu kepada Pak kades dan perangkanya serta masyarakat Dero semuanya semoga karya kami yang kami wujudkan dalam video kreatif ini nantinya mendapatkan nilai terbaik dan bahkan juara,”Pungkasnya.