DERO.NGAWIKAB.ID – Perintahan Desa merupakan unit terkecil dalam pemerintahan dalam negeri. Dalam hal ini sangatlah perlu pembinaan pemerintahan desa agar terciptanya desa yang mandiri, berkembang, dan maju.

Berkenaan dengan pembinaan kepada desa dan aparatur desa serta kelembagaan desa tersebut,Pemerintahan Kecamataan Bingin fokus sosialisasikan tentang tata kelola pemerintahan desa yang yang meliputi perencanaan pembangunan desa, pengelolaan keuangan desa dan juga sosialisasikan penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban yang kesemuanya bertujuan dan harus merujuk sesuai peraturan undang-undang desa dan juga peraturan Bupati Ngawi.

Baca Juga:

Bertempat di pendopo kantor desa Dero,Selasa(11/02) Rapat sosialisasi dan pembinaan desa dipimpin langsung Camat Bringin Drs Supriyadi M.Si yang di dampingi oleh Luntoro S.sos kasi-Trantib, Kasi Pemerintahan Sapto Nugroho.Se. Dan kegiatan ini dihadiri oleh kepala desa Dero beserta perangkatnya, BPD desa Dero, LPMD desa Dero, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Dero,Ketua RT dan ketua RW se-wilayah desa Dero, satuan linmas Dero dan juga karang taruna serta sebagian ibu-ibu PKK desa Dero.

Para Undangan yang Hadir dalam sosialisasi dipendopo kantor desa Dero.

Camat bringin pada sambutanya menyampaikan tentang penggunaan dana desa yang di kucurkan pemerintah pusat dalam pelaksanaan harus sesuai perundang undangan yang berlaku, agar nantinya kita sebagai aparatur pemerintah tidak terjerat masalah,”Ucapnya.

“Saya harap kepada kepala desa dan perangkat desa Dero Serta lembaga desa Dero yang sudah baik dan kompak ini, dalam penggunaan dana desa dan pelaksanaan pembangunan desa harus sesuai perundang undangan yang berlaku,”ucapnya.

Lanjut Supriyadi, Dan juga kepada aparatur pemerintah desa Dero dan kepala desa serta masyarakat Dero Untuk menggali potensi-potensi desa dan yang lainya harus di angkat agar di tahun 2020 tidak ada lagi desa tertinggal,”Harap Supriyadi.

Kasi Kecamataan Bringin, Luntoro S.os Sedang menjelaskan fungsi-fungsi Linmas

Dan Kasi Trantib Luntoro S.sos pada sambutannya menuturkan fungsi linmas dimana tugas pokoknya adalah tugas yakni membantu dalam penanggulangan bencana, membantu keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, membantu penanganan ketenteraman, ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu dan membantu upaya pertahanan Negara.

“Berkat Kekompakan linmas, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan pemerintah Desa dan masyarakat Dero,yang Selama ini Desa Dero sudah tertib, aman dan kondusif dan dengan adanya sosialisasi ini diharapkan akan lebih meningkatkan keamanan dan ketertiban,” Harap Luntoro.

Baca Juga: Sekilas Profil Tentang Operator Website Resmi Desa Dero

Sementara Kasi Pemerintahan kec bringin saat dalam sambutannya memaparkan Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Desa Tahun 2020. Dalam pemaparanya disampaikan mulai dari dasar hukum baik dari UU, PERDA, PERBUP dan di lanjut tentang pedoman penyusunan APBDes, ketentuan belanja Desa, penggunaan silpa, penghasilan tetap dan tunjangan Kepala Desa dan Perangkat Desa, tunjangan Bpd serta tunjangan lembaga yang lainya.

Sapto Nugroho Selaku Kasi Pemerintahan kecamatan Bringin memaparkan materi tentang tata kelola pemerintahan Desa.

Juga di jelaskan oleh Bapak Sapto tentang prioritas penggunaan Dana Desa dan pengelolaan ADD Tahun 2020 serta masih banyak ingormasi yang beliau sampaikan yang erat kaitannya dengan pembangunan yang ada di desa.

Perlu diketahui,Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk kemajuan dan kebaikan Desa serta memberikan informasi pada masyarakat tentang tata cara penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja baik dari DD(dana desa), ADD dan Pendapatan asli desa. Dan serta mengenai pentingnya guyub rukun dan kekompakan Pemerintah desa dan lembaga desa dalam cita- cita untuk membangun desa yang lebih baik, transparan dan lebih maju.