DERO.NGAWIKAB-ID -Koperasi adalah sebuah organisasi ekonomi yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama. Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.

Salah satu kewajiban koperasi sesuai anggaran dasar dan rumah tangga (AD/ART) adalah Rapat Anggota Tahunan (RAT). Hal ini Seperti yang dilakukan oleh Koperasi Wanita “Al Ikhlas Nur Hidayah” Desa Dero Kecamatan Bringin kabupaten Ngawi yaitu RAT Tutup Buku 2019 yang dilaksanakan bertempat di Rumah Ibu Kamti Dusun Dero Lor. Selasa ( 25/02).

Berita Terkait : Wujud Transparansi, Kopwan “Rukun Lestari” Desa Dero Adakan RAT Tutup Buku Tahun 2019

Hadir dalam acara, Perwakilan Dinas Koperasi Dan UMKM Kabupaten Ngawi, Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Ngawi, Ketua dan pengurus, Anggota, Pengawas, Pemerintah Kecamatan Bringin, Pemerintah Desa Dero dan Tamu Undangan.

Ketua Koperasi Wanita Al Ikhlas Nur Hidayah,Alis Sundawati , menuturkan, sejak berdiri di tahun 2016 Koperasi ini tetap eksis, lancar dan terus berkembang serta tidak ada tunggakan,” Ucap Alis

Sekdes Dero, Sukiman yang mewakili Kades Dero dalam sambutannya mengatakan, Koperasi Wanita Al Ikhlas Nur Hidayah, yang dikelola dan beranggotakan kaum perempuan di Desa Dero ini dinilai sangat potensial menjadi basis pengembangan perekonomian dan kewirausahaan di Desa Dero.

Sambutan Sekcam Bringin Agus Faridi.

Sementara, Sekcam Kecamatan Bringin Agus Faridi , yang mewakili pemerintah kecamatan menyampaikan, koperasi yang selama ini dikenal sebagai pilar dari perekonomian bangsa merupakan pilihan tepat bagi kaum perempuan di pedesaan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga maupun kelompoknya di pedesaan.

“Saya atas nama pemerintah kecamatan bringin merasa sangat bangga dengan Koperasi Wanita Al Ikhlas Nur Hidayah yang telah menggelar RAT rutin tiap tahun,dan saya mengapresiasi Koperasi Al Ikhlas Nur Hidayah Desa Dero ini adalah koperasi yang sehat dan baik, karena koperasi ini mampu bertahan, berjalan dan berkembang, sehingga dapat membantu peningkatan kesejahteraan para anggotannya dan yang utama adalah selalu menggelar RAT di tiap tahunnya. ,” tutur Agus.

Hal senada juga di sampaikan Perwakilan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Ngawi,Eri Yulianti dalam sambutannya mengatakan  koperasi wanita Al Ikhlas Nur Hidayah merupakan satu badan usaha yang digerakan oleh perempuan di Desa Dero. Jenis operasinya merupakan simpan pinjam berpola konvensional dan kondisinya Cukup bagus, salah satu penilaian koprasi yang dianggap sehat serta baik atau bagus, salah satunya Koperasi bisa melaksanakan RAT di awal tahun,”Ungkapnya

Lanjut Eri,” Semoga peran dan posisi Koperasi Simpan Pinjam  dapat mendukung upaya perluasan kesempatan kerja dan pengentasan kemiskinan di Desa Dero. Koperasi perempuan saat ini merupakan wadah yang paling tepat bagi kelompok perempuan pelaku usaha produktif dalam mengembangkan Usahanya. Karena koperasi itu dari kita oleh kita untuk kita, pungkasnya

Baca Juga :

Foto Bersama ini sebagai wujud Kekompakan dan Keguyub Rukunan Pengurus dan AnggotaKoperasi Wanita “Al Ikhlas Nur Hidayah:

Perlu diketahui bahwasanya di desa Dero ada dua koperasi wanita yaitu koperasi desa hutan Rukun lestari yang tanggal 28 Februari lusa kemarin juga telah melaksanakan RAT dan Dan yang kedua adalah Kopwan “Al Ikhlas Nur Hidayah “ Desa Dero ini.

Dalam perkembangannya,Neraca Kopwan Al Ikhlas Nur Hidayah ini baik dalam perkembangan permodalan maupun keanggotaan mengalami kenaikan. Jika di awal berdirinya di tahun 2016 bidang permodalan sekitar 27 juta di tahun 2019 menjadi Rp 65.457.100- Sedangkan jumlah anggota di tahun 2016 terdapat 20 anggota, di tahun 2019 bertambah menjadi 59 anggota.