DERO.NGAWIKAB.ID – Penimbangan merupakan langkah awal dalam memantau pertumbuhan dan perkembangan anak. Penimbangan yang rutin dilakukan setiap bulan di Posyandu, hal ini bertujuan untuk mengetahui atau deteksi dini apakah bayi /balita sakit atau tidak, kelengkapan Imunisasi dan mendapatkan penyuluhan gizi.


Pemerintah menerapkan bulan Pebruari dan Agustus sebagai bulan timbang bersamaan dengan pemberian Vitamin A pada balita, dengan harapan bahwa pada bulan-bulan tersebut kedatangan balita di posyandu juga meningkat. Pada bulan tersebut selain dilakukan penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan. Hasil penimbangan dan pengukuran tersebut dapat mencerminkan status gizi balita yang merupakan tolak ukur status gizi masyarakat.

Berita Terkait :

Seperti kegiatan yang kami liput yaitu pelaksanakan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) balita Anggrek di Dusun Kaliwangon desa Dero, Senin ( 24/02.) Ini merupakan sebuah kegiatan rutin yang dijadwalkan setiap tanggal 24 di tiap Bulannya. Tapi untuk kesempatan kali ini beda dari kegiatan biasanya, selain peserta posyandu yang hadir lebih banyak karena juga ada pelaksanaan bulan Timbang yang mendapat kunjungan dari Tim Puskesmas Bringin untuk pemantauan status gizi dan juga adanya penyuluhan masalah PTM ( Penyakit Tidak Menular, penyuluhan masalah IVA dari progamer KB serta Pelaksanaan skreening PTM.

Tim Puskesmas Bringin.

Perlu diketahui Dalam rangka mengawal tumbuh kembang bayi dan balita,Posyandu balita yang ada di Desa Dero sendiri terbagi dalam dua kelompok yaitu posyandu melati Krajan dilaksanakan tiap tanggal 23 dan posyandu Anggrek sendiri tanggal 24.

Berdasarkan data dari Bidan Desa Dero, seluruh balita yang ada di Desa Dero aktif mengikuti kegiatan Posyandu secara rutin. Kegiatan Posyandu rutin tersebut meliputi penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pemberian imunisasi, serta pemberian makanan tambahan (PMT) bagi balita. Sementara khusus untuk pemberian vitamin A sudah di programkan pada Bulan Februari dan Agustus atau di kenal dengan bulan timbang.

Antusias peserta posyandu dalam mengikuti bulan Timbang

Pada kegiatannya, kesuksesan program Posyandu selalu hadir melalui semangat dari para Kader Posyandu dan peran serta orang tua balita yang rutin datang untuk melakukan timbangan bagi putra-putrinya. Hal tersebut sejalan dengan tingkat kesadaran dan semangat masyarakat Desa Dero utamanya bagi para orang tua terhadap tumbuh kembang dan kesehatan putra-putrinya. Tak hanya bagi orang tua balita, kegiatan Posyandu juga menjadi salah satu fokus perhatian pemerintah Desa Dero. Selain itu, kegiatan Posyandu mampu menjadi akses layanan dasar kesehatan bayi dan balita di desa.

Semangat ibu-ibu Kader Posyandu dalam Mengemban Amanah untuk kesehatan baiita sebagai generasi penerus bangsa

Kita tentu menyadari bahwa balita adalah calon generasi penerus bangsa, di mana masa pertumbuhan dan perkembang balita harus menjadi perhatian kita bersama. Kegiatan Posyandu di Desa Dero sendiri tercakup dalam Bidang Pemberdayaan Masyarakat yang didanai oleh Dana Desa( DD). Hal tersebut diberikan dengan sasaran utamanya adalah para Balita, Ibu Hamil serta Kader Posyandu. Sementara untuk bentuk realisasinya yaitu pemberian makanan tambahan (PMT) bagi balita pada kegiatan Posyandu, pemberian susu untuk Ibu Hamil, PMT untuk balita dengan gizi kurang, serta honorarium dan pembinaan untuk para Kader dari masing-masing Posyandu.

Baca Juga :

Dengan mempertimbangkan sisi kemanfaatatan kegiatan Posyandu tersebut, mari kita bersama menyukseskan Program Bulan Timbang Februari ini dengan semangat. Tidak lain, dengan kesuksesan program tersebut secara tidak langsung kita itut mengawal pertumbuhan dan perkembangan para generasi penerus bangsa tersebut agar mampu menjadi generasi sehat dan cerdas.

Pemberian Penyuluhan Dari Tim Puskesmas Bringin.