DERO.NGAWIKAB.ID – Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) adalah sebuah aplikasi pengelolaan keuangan desa yang dikembangkan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam rangka meningkatkan kualitas tata kelola keuangan desa.

Dan aplikasi Siskeudes ini merupakan alat bantu yang diperuntukan untuk Pemerintah Desa dalam Pengelolaan Keuangan Desa mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, penata usahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban secara komputerisasi.

Berita Terkait: Aplikasi Siskeudes Online Resmi Launching Di Kabupaten Ngawi.

Dengan di launchingkanya Aplikasi Siskeudes Online Oleh Bupati Ngawi Ir Budi Sulistiyono di Rumah Makan Notosuman – Watualang Ngawi Kamis pekan lalu,Maka sebagai tindak lanjut dari program itu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD ) Kabupaten Ngawi menyelenggarakan kegiatan pelatihan Sistem Keuangan Desa SISKEUDES tersebut yang di ikuti oleh operator Siskeudes seluruh desa Se-kabupaten Ngawi.

Hari ini Kamis (13/02) merupakan hari ketiga dari enam hari yang telah dijadwalkan. Semua operator siskeudes desa mengikuti pelatihan sekaligus simulasi input siskeudes online yang langsung daring ke database server di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kabupaten Ngawi.

Tampak semua peserta operator Siskeudes serius mengikuti pelatihan.

Para peserta pelatihan termasuk Operator siskeudes dari Desa Dero, Tri Wibowo tampak bersemangat Mengikuti pelatihan ini. Dan untuk hari terakhir nanti juga dijadwalkan pelatihan untuk operator kecamatan juga, karena nantinya operator kecamatan diharapkan mampu melakukan monitoring terhadap perkembangan pengelolaan keungan melalui siskeudes online ini,” Ungkap Arif kabid DPMD dalam sambutan pembukanya.

Lanjut Arif,” Diharapkan Dengan pelatihan aplikasi Siskeudes ini, aparatur Pemerintahan Desa nantinya mendapatkan kemudahan saat melakukan proses pengelolaan keuangan dan dapat dipertanggungjawabkan akuntabilitasnya serta  dapat terwujudnya pengelolaan keuangan Desa yang transparan, akuntabel dan partisipatif,”Harap Arif

Arif Menambahkan,” Dengan Melalui aplikasi keuangan desa ini  pemerintah dapat mewujudkan tata kelola keuangan desa yang bersih, tertib, efektif dan efisien. Selain itu, dengan penerapan aplikasi ini, proses pengawasan dan pemeriksaan pertanggungjawaban keuangan negara, juga lebih mudah diterapkan,”Tambahnya.

Baca Juga :

Jadwal Pelatihan Siskeudes.

Pelatihan ini sesuai jadwal dilaksanakan selama selama enam hari bertempat di Aula Kantor DPMD Ngawi.Dan masih seperti hari sebelumnya di hari ke tiga ini, kegiatan pelatihan di bagi dua sesi,Sesi pertama pagi pukul 08.00 sampai Pukul 11.00 yaitu Kecamatan Ngrambe dan Kecamataan Jogorogo. Sesi kedua pukul 13.00 sampai pukul 16.00 yaitu Kecamatan Bringin dan Kecamataan Kedunggalar.