DERO.NGAWIKAB.ID – Posyandu adalah wadah pemeliharaan kesehatan yang dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibimbing petugas terkait. (Departemen Kesehatan RI. 2006). Kegiatan Posyandu remaja merupakan salah satu kegiatan upaya kesehatan berbasis masyarakat (remaja) kegiatan dilakukan untuk memantau kesehatan remaja dengan melibatkan remaja itu sendiri. Tak hanya itu, posyandu remaja juga merupakan tempat untuk pemberian informasi kesehatan maupun informasi penting lainnya kepada remaja secara rutin setiap bulannya.

Setelah di Launchingkan oleh kepala desa Dero Beberapa hari yang lalu,Pada hari Sabtu, (08/02) sekitar 20 remaja putra putri Desa Dero Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi di berkumpul di Pendopo Kantor desa Dero, Ini merupakan kali pertama, kegiatan perdana Posyandu Remaja Desa Dero.

Berita Terkait Baca Juga:Desa Dero Launching Posyandu Remaja.

Wito Dwi Widodo Selaku Tim Puskesmas Bringin Bidang Penanganan ODGJ sedang Memberikan Penjelasan Tentang Permasalahan Kejiwaan.

Kegiatan dibuka oleh Wito Dwi Widodo selaku dari Tim Puskesmas Bringin yang membidangi masalah gangguan jiwa (ODGJ).Dalam penyampaiannya selain menjelaskan kembali maksud tujuan dari dibentuknya Posyandu Remaja ini juga menyampaikan tentang penyebab remaja bisa terserang gangguan kejiwaan, antara lain: faktor lingkungan, konsumsi obat-obatan terlarang, kekerasan yang pernah dialami, hingga kecemasan tidak bisa bersaing.

“Anak-anak usia remaja, rentan mengalami depresi hingga berujung pada gangguan kejiwaan. Remaja rentan untuk mengalami perubahan perilaku. Kita lihat akibatnya ada gangguan jiwa, depresi, gangguan jiwa berat, ada HIV, narkotik, kekerasan, dan radikalisme. Semua awalnya dari sana,” Terangnya.

Lanjut Wito,”Maka dengan adanya posyandu remaja ini semoga adik-adik remaja desa Dero selain bisa buat wadah konsultasi juga bisa untuk menimba ilmu tentang kesehatan remaja,”Harap Wito Dwi Widodo.

Dalam pertemuan kali pertama ini, sengaja dan merupakan agenda yang sudah terjadwal, bidan desa Dero Wiji mengundang Tim Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK Remaja) Kecamataan Bringin.

Perlu di ketahui Kepanjangan dari PIK-R adalah Pusat Informasi dan Konseling Remaja yaitu suatu wadah kegiatan program PKBR yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang Perencanaan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya.

Dalam paparannya Perwakilan PIK-R Kec Bringin, menjelaskan betapa remaja saat ini sangat rentan sekali dengan paparan konten pornografi, yang salah satunya disebabkan oleh begitu familiarnya remaja dengan gadget dan medsosnya. Dengan adanya Posyandu Remaja ini, diharapkan kedepannya para remaja ini dapat berbagi informasi kesehatan yang didapat di Posyandu Remaja ini kepada teman-temannya melalui media sosial.

Baca Juga:

Sementara, Suparno Kasun Tegal Duwur yang turut hadir dalam kegiatan ini mengharapkan kepada semua adik-adik remaja desa Dero yang telah bergabung dalam posyandu Remaja ini untuk benar-benar selalu aktif mengikuti kegiatan remaja ini, Dikarenakan ini adalah kegiatan yang sangat positif bagi remaja agar nantinya adik-adik tidak terjerumus ke hal-hal yang negatif atau merusak masa depan adik-adik,”Ucapnya.

Bapak satu anak ini juga menambahkan, adik-adik yang hadir ini untuk mengajak temannya atau remaja yang lain yang belum bergabung di lingkungannya untuk bisa hadir dan ikut bergabung dalam posyandu ini ,,”Harap Suparno mengakhiri sambutannya.

Tak Kenal Maka Tak Sayang,Baca Juga: Sekilas Tentang Profil Operator Website Resmi Desa Dero.

Acara dilanjutkan dengan kegiatan pengukuran tinggi badan, penimbangan berat badan, dan pengukuran lingkar lengan atas bagi remaja putri. Dengan pemeriksaan rutin semacam ini, tumbuh kembang remaja dapat terpantau dengan baik.

Selain pemeriksaan kesehatan, tentunya dengan adanya PosRem ini diharapkan dapat menjadi tempat bagi para remaja berbagi cerita tentang segala permasalahannya kepada konselor sebaya.

Di sesi akhir, Setelah acara Foto bersama,Bidan desa Dero menyampaikan kembali rencana kegiatan yang akan dilakukan selama setahun kedepan. Beberapa materi yang akan diberikan kepada remaja ini antara lain:
1. PKHS (Pendidikan Ketrampilan Hidup Sehat)
2. Kesehatan Reproduksi
3. Kes Jiwa, Penyalahgunaan NAPZA
4. Gizi
5. Aktivitas Fisik
6. Penyakit Tidak Menular
7. Pencegahan Kekerasan Pada Remaja
8. Materi lain semisal Resiko Menikah dini, dll.

Turut hadir dalam kegiatan kali ini Kasun Tegal Duwur, Ibu Wiji Bidan Desa, Tim dari puskesmas Bringin dan semua remaja yang merupakan anggota dan kader posyandu Remaja Desa Dero.