DERO.NGAWIKAB.ID – Sensus, kadangkala juga disebut cacah jiwa adalah sebuah proses mendapatkan informasi deskriptif tentang anggota sebuah populasi (tidak hanya populasi manusia). Sensus digunakan untuk demokrasi (pemilu), pengumpulan Pajak, juga digunakan dalam ilmu ekonomi. Di Indonesia terdapat beberapa macam sensus yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik. di antaranya yang terbesar: Sensus Penduduk, Sensus Pertanian dan Sensus Ekonomi. Dan Sensus Penduduk pada umumnya dilaksanakan pada tahun yang berakhiran “0” atau dalam jangka waktu sepuluh tahun.Di Negara Kita Indonesia tercinta, sensus penduduk diambil pada tahun 1961197119801990, 2000 dan ditahun 2010.

Baca Juga :

Pada tahun 2020 ini, Sensus Penduduk akan dilaksanakan untuk yang ketujuh kalinya setelah Indonesia merdeka, yang dimulai dari tahun 1961. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, berbagai terobosan dilakukan pada pelaksanaan SP2020. SP2020 tampil dengan metode baru, yaitu metode kombinasi, yang mana pada sensus sebelumnya menggunakan metode tradisional. Tak hanya itu, pengumpulan data sensus yang sebelumnya hanya dilakukan dengan wawancara secara door to door oleh petugas sensus, kali ini sensus penduduk pertama kalinya juga dapat dilakukan secara online yang dikenal dengan sebutan Sensus Penduduk Online.

Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai lembaga pemerintah diamanatkan untuk melaksanakan kegiatan sensus penduduk sesuai dengan Undang-Undang Nomor 16 tahun 1996. Metode kombinasi yang digunakan pada SP2020 merupakan rekomendasi dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yaitu menggunakan basis data administrasi kependudukan dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) sebagai prelist yang nantinya akan dilengkapi dengan kegiatan pencacahan penduduk secara lengkap. Pada tahun 2020 ini, tak hanya Indonesia saja yang melaksanakan kegiatan sensus penduduk, namun bersama-sama dengan 54 negara lainnya di dunia.

Baca Juga: Sekilas Profil Tentang Petugas Operator Website Resmi Desa Dero.

Berbagai upaya akan dilakukan demi suksesnya kegiatan Sensus Penduduk 2020. Salah satunya adalah cara pengumpulan data sensus dengan menggunakan berbagai moda (multimode data collection) antara lain Computer Aided Interviewing (CAWI), Computer Assisted Personal Interviewing (CAPI), dan Paper and Pencil Interviewing (PAPI). Untuk pertama kalinya dalam sejarah sensus di tanah air, SP2020 dapat dilakukan secara daring dengan sebutan Sensus Penduduk online (SP Online) yang berlangsung mulai 15 Februari hingga 31 Maret 2020.

Pada SP2020 ini, masyarakat diajak dan diberikan kesempatan untuk ikut berpartisipasi aktif dengan mencatatkan diri dan keluarganya melalui laman sensus.bps.go.id. Dokumen yang diperlukan untuk melakukan pengisian SP online antara lain nomer kartu keluarga (KK), KTP, dan akta nikah maupun akta cerai. Data yang diminta tidak banyak, antara lain mencakup nama, jenis kelamin, alamat, suku bangsa, kewarganegaraan, status perkawinan, pekerjaan, perumahan dan lainnya.

Tahap pelaksanaan sensus penduduk Tahun 2020.

Hari ini Senin (17/02) adalah hari Ketiga sensus online, dan saya sudah melakukan sensus secara online ,Ini cara nya:

  1. Siapkan Dokumen Kependudukan seperti : KTP-el, KK, Akta Nikah/Cerai dan dokumen kependudukan lainnya jika diperlukan.
  2. Siapkan HP/PC/Tablet/Laptop yang sudah terkoneksi ke Internet, buka laman sensus.bps.go.id
    Masukan NIK dan NO KK
    Jika benar, maka system akan menampilkan seluruh data anggota keluarga sesuai dengan KK.
  3. Periksalah data setiap anggota anggota Keluarga.
  4. Perbaharui data setiap anggota keluarga, seperti nama lengkap, pekerjaan, alamat dll.
  5. Tambahkan Anggota keluarga baru, jika belum terdaftar, seperti bayi yang baru lahir.
  6. Hapus anggota keluarga, yang seharusnya sudah tidak terdaftar, seperti anggota keluarga yang telah meninggal dunia.
  7. Perbaharui data tempat tinggal, seperti luas lantai terluas, daya listrik, kepemilikan, dll.
  8. Simpan data.
  9. Selesai.
Bukti Saya sekeluarga Sudah Ikut Sensus Penduduk Secara Online.

Share ke teman, rekan kerja, sanak saudara, komunitas, grup medsos dan lain lain agar kita ikut berpartisipasi menyukseskan SENSUS PENDUDUK 2020 .

Di Rangkum dari Berbagai Sumber.