DERO.NGAWIKAB.ID – Koperasi Wanita ( KOPWAN)  “RUKUN LESTARI” Desa Di Wilayah Kawasan Hutan Desa Dero,merupakan suatu lembaga Koperasi yang bertujuan untuk memberi ruang dan meningkatkan potensi perempuan dalam aktivitas ekonomi dan sekaligus sebagai media bagi perempuan untuk beraktualisasi diri.

Meski di berbagai daerah disadari telah banyak lembaga keuangan mikro (LKM) yang eksis dan telah pula banyak melibatkan partisipasi kaum perempuan dalam pengelolaannya, namun dengan memastikan wadah yang lebih terlindungi secara hukum, yakni koperasi, diharapkan ruang gerak kaum perempuan dalam lembaga koperasi dan kiprah kaum perempuan dalam bidang ekonomi dapat lebih dipercepat dan diperluas.

Baca Juga :

Berdasar UU No. 25 tahun 1992 Perkoperasian tentang Rapat Anggota, Pengurus Koperasi Wanita (Kopwan) Rukun Lestari Desa Dero mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) bertempat di Rumah Bapak Sukardi yang merupakan Kasun Kaliwangon desa Dero Kecamataan Bringin,Senin (17/02).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Dero, Camat Bringin, Dinas koperasi dan usaha mikro Kabupaten Ngawi, Pengawas,Para Pengurus dan semua anggota koperasi wanita Rukun lestari.Acara dibuka oleh Suryati Selaku Ketua Koperasi Wanita Rukun Lestari yang dalam sambutannya mengatakan, pihaknya minta usul dan saran dari semuanya untuk perkembangan Kopwan Rukun Lestari agar lebih maju

“Guna perkembangan Kopwan Rukun Lestari ini bisa lebih maju, kami berharap saran dan masukan dari segenap kalangan baik pengurus, pengawas, anggota Kopwan serta muspika dan juga Dinas Koperasi Kabupaten Ngawi,” ungkap Suryati, ketua Kopwan Rukun Lestari.

Senada dengan ketua Kopwan Rukun Lestari, Kepala Desa Ariyadi dalam sambutannya mengatakan dengan diadakannya RAT KOPWAN RUKUN LESTARI Tahun anggaran 2019 ini merupakan evaluasi kinerja bagi pengurus Kopwan, serta sebagai wujud Kopwan masih eksis dan berjalan dengan baik.

Sambutan Kades Dero,”Ariyadi

“Melalui RAT ini kami atas nama pemerintah Desa Dero sangat mengapresiasi keberadaan Kopwan Rukun Lestari, sehingga bisa meningkatkan perekonomian warga Desa Dero,” jelas Kades Dero

Tak hanya itu, Kades yang dikenal disiplin dan ramah ini mengajak anggota Kopwan yang anggotanya dari kalangan ibu-ibu ini lebih bisa memanfaatkan potensi yang ada dengan membuat produk kemasan khas Desa atau produk kerajinan yang ada di Desa Dero

“Mari ibu-ibu anggota Kopwan untuk bisa memanfaatkan potensi yang ada dengan membuat produk khas Desa atau produk yang bernilai jual, jika butuh modal bisa kerjasama mengajukan pinjaman ke Kopwan Rukun Lestari karena SHU Kopwan nantinya juga akan kembali ke anggota juga,” jelasnya.

Ibu-ibu Anggota Koperasi Wanita Rukun Lestari.

Baca Juga : Sekilas Profi Operator Webside Resmi Desa Dero.

Dalam perkembangannya,Neraca Kopwan Rukun Lestari ini baik dalam perkembangan permodalan maupun keanggotaan mengalami kenaikan. Jika sebelumnya di tahun 2018 bidang permodalan Rp 212.716.236,- di tahun 2019 menjadi Rp 275.139.712,- Sedangkan jumlah anggota di tahun 2018 terdapat 129 anggota, di tahun 2019 bertambah menjadi 139 anggota.