DERO NGAWIKAB.ID –

Dalam rangka melakukan pencegahan meluasnya penyebaran virus Corona (COVID-19) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten Ngawi mengimbau kepada seluruh masyarakat Ngawi untuk menunda pengurusan dokumen kependudukan.

Menindaklanjuti Surat Edaran Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri tertanggal 17 Maret 2020 ,maka dispendukcapil ngawi meneruskan dan mengeluarkan surat edaran kepada kepala perangkat daerah se- kabupaten Ngawi dengan Surat Edaran (SE) Nomor 470/0929/440/119/2020 terkait langkah meminimalisir dan antisipasi penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

Surat Edaran Dari Dukcapil Ngawi yang Ditujukan Kepada Kepala Perangkat Daerah.

Dalam surat tersebut Dukcapil menghimbau kepada masyarakat untuk :

  • Menunda mengurus dokumen kependudukan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, kecuali sangat-sangat penting (misal : Kepentingan BPJS, Rumah Sakit, dll ) ;
  • Untuk mengurangi antrian pemohon, pengurusan dokumen kependudukan sebagai mana dimaksudkan angka 1, dapat dilakukan di kecamatan-kecamatan.
  • Datang dan urus kembali dokumen kependudukan ke Dimas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam waktu 2 atau 3 Minggu lagi.

Baca Juga :

Sebagai bentuk antisipasi penyebaran Covid-19, Dispendukcapil juga menyediakan hand sanitizer di depan pintu masuk kantor pelayanan. Bahkan untuk memastikan karyawan maupun masyarakat yang datang menggunakan nya, Dispendukcapil menempatkan petugas untuk mengingatkan menggunakan hand sanitizer sebelum masuk ruangan.

“Kita sudah tindak lanjuti perintah Pak Sekda pada rapat kemarin. Dan kita masih usahakan untuk alat deteksi suhu tubuh, namun ternyata batangnya cukup sulit didapat.” Terang Sugeng Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ngawi.