DERO.NGAWIKAB.ID – Bupati Ngawi, Ir. Budi Sulistyono (Kanang) mengeluarkan Surat Edaran baru tentang kegiatan Ibadah Idul Fitri 1441 H ditujukan kepada seluruh masyarakat di kabupaten Ngawi, Selasa (19/05/2020).

Baca Juga : Pemdes Dero Beserta Relawan Desa Dibulan Ramadhan Terus Melakukan Pencegahan Covid -19

Seperti yang kami baca dari Surat Edaran yang bernomor 443/26.22/404.106/2020 tersebut, ada 5 poin penting yang disampaikan Bupati yang harus dipatuhi oleh seluruh masyarakat di kabupaten Ngawi.

Surat Edaran Bupati Ngawi Tentang Kegiatan Ibadah Idul Fitri 1 Syawal 1441 H
  1. Bupati meminta kepada seluruh masyarakat Ngawi untuk tidak melakukan takbir keliling. Kegiatan takbir cukup dilakukan di masjid/musala dengan menggunakan pengeras suara.
  2. Terkait pelaksanaan salat Idul Fitri 1 Syawal 1441 H, Bupati meminta masyarakat untuk melaksanakan salat di rumah masing-masing untuk lingkungan yang wilayahnya termasuk zona merah (ada warga yang hasil rapid tes reaktif/swab test positif).Namun apabila di daerah lingkungannya masih zona hijau, salat Idul Fitri bisa dilakukan secara berjamaah dengan tetap menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan seperti cuci tangan pakai sabun, memamai masker, jaga jarak, dilakukan pengukuran suhu, dan tidak berjabat tangan sebelum maupun sesudah salat.
  3. Bupati meminta masyarakat tidak melakukan kegiata silaturahim atau halal bil halal keliling dari rumah ke rumah dan meniadakan kegiatan open house dengan menutup pintu rumah.
  4. Bupati menyarankan kepada seluruh masyarakat Ngawi untuk bisa melakukan silaturahim melalui media sosial, video call, atau video conference.
  5. Terkait pengumpulan zakat fitrah, kepada panitia yang mengurusnya untuk dapat meminimalkan kontak fisik secara langsung seperti jabat tangan ketika penyerahan zakat serta selalu memperhatikan protokol kesehatan.

Tak Kenal Maka Tak Sayang,Baca Juga: Sekilas Profil Petugas Operator Website Resmi Desa Dero

Semua hal yang disampaikan oleh bupati ini merujuk pada Surat Edaran Kementerian Agama Nomor 6 tahun 2020 tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Salat Idul Fitri 1441 H di tengah pandemi wabah COVID-19 serta fatwa Majelis Ulama Indonesia nomor 28 tahun 2020.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0