DERO.NGAWIKAB.ID -Untuk tetap melestarikan budaya adat yang sudah turun temurun dari nenek moyang, sebagai tempat yang dianggap sakral oleh masyarakat setempat. Punden merupakan tempat yang harus tetap dijaga dan dirawat sebagai bentuk menjujung tinggi dan menghormati para leluhur yang menjadi cikal bekal berdirinya desa tersebut. Oleh sebab itulah masyarakat Desa Dero Kecamatan Bringin tepatnya Dusun Tegal Duwur melaksanakan kegiatan kerja bakti sosial renovasi rumah makam leluhur yang sudah mengalami kerusakan di punden desa. (Senin, 22/06).

Baca Juga :

Kekompakan Masyarakat Tua Muda Bersatu dalam Gotong Royong

Kegiatan kerja bakti rehab makam leluhur tersebut dalam rangka membersihkan makam leluhur sekaligus menghadapi bersih desa yang merupakan salah satu budaya kearifan lokal desa Dero. Sasaran kerja bakti kali ini adalah perbaikan rumah makam para leluhur desa Dero yang sudah mengalami kerusakan dan harus segera diperbaiki, agar pada saat acara bersih desa bangunan rumah makan punden tersebut sudah bagus lagi.

Baca Juga : Sekilas Profil Petugas Operator Website Resmi Desa Dero

Selamatan Sebelum Kegiatan Renovasi

Kasun Tegal Duwur mengatakan bahwa kegiatan ini adalah salah satu bakti nyata masyarakat Tegal Duwur pada Nusa dan bangsa atau lingkungan. Kegiatan kerja bakti sebagai motivasi untuk menanam kesadaran masyarakat bahwa Guyub Rukun dan gotong royong itu sangat di butuhkan dalam kehidupan sehari-hari

“Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini, masyarakat akan lebih peduli tentang pentingnya gotong-royong dalam menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga tradisi kearifan lokal yang harus tetap dijaga dan dilestarikan, sebagai bentuk rasa hormat dan beban moral untuk menghargai jasa para leluhur yang telah meninggal dunia,” Imbuh Kasun Tegal Duwur Suparno.