DERO.NGAWIKAB.ID – Meskipun Kabupaten Ngawi sudah Memasuki era new normal, namun Pemerintah Desa Dero, melalui tim Relawan Covid terus melakukan penyemprotan disinfektan guna mencegah penularan Covid-19.

Kepala Desa Dero, Kecamatan Bringin, Ariyadi mengatakan, pihaknya tetap aktif melakukan pencegahan masuknya virus yang mematikan tersebut ke desanya, dengan cara melakukan penyemprotan disinfektan hingga 1 kali dalam seminggu.

“Sejak April lalu dan terbentuknya relawan Covid, kami terus melakukan penyemprotan di rumah – rumah penduduk dan fasilitas umum yang ada di desa, agar yang kami buat dapat mencegah atau memutus matarantai covid,”ujar Ariyadi kepada Kami, Sabtu(20/6).

Lanjut Ariyadi, adapun  sasaran utama penyemprotan ialah, rumah penduduk ,fasilitas umum seperti sekolah, posyandu, kantor desa, serta fasilitas umum lainnya yang berpotensi tempat berkumpulnya masyarakat.

“Mencegah itukan lebih baik. Dan disamping itu mematuhi protokol kesehatan seperti pengenaan masker, mencuci tangan serta menjauhi kerumunan,”tukasnya.

Supaya kegiatan sosial berjalan sesuai dengan rencana, pihak desa merekrut relawan Covid-19 dari kalangan pemuda karang taruna, perangkat desa, BPD, RT, RW, dan Linmas dengan harapan relawan yang di bentuk benar-benar aktif.

“Kami sepakat melibatkan seluruh perangkat desa yang berjumlah 40-an orang setiap melakukan penyemprotan difasilitas umum,” ujar dia.

Supaya masyarakat sadar akan bahayanya virus yang mematikan itu, tim relawan terus mengedukasi masyarakat meminta memasang pencuci tangan lengkap dengan sanitizer di setiap warung dan kedai yang ada di desanya.

“Kalau di fasilitas umum sudah kami siapkan tempat pencuci tangan dan sanitizer sesuai Protokol Kesehatan, mudah-mudahan apa yang kami buat di desa dapat mencegah Covid-19 masuk di wilayah kami,”tutup Ariyadi