DERO.NGAWIKAB.ID – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ngawi intens tingkatkan kapasitas dan kapabilitas operator website desa.

Seminar virtual dikemas dengan tema Pengelolaan Website Desa diselenggarakan dalam 3 sesi, mulai 23 sampai dengan 25 Juni 2020. Aplikasi Zoom Cloud Meetings masih menjadi sarana efektif di masa pandemi Covid-19 dengan mengedepankan protokol kesehatan untuk menghidari kerumunan.

Dalam pembukaan seminar sesi pertama yang diikuti 10 desa, Diskominfo melalui Kasi Pengembangan Ekosistem Noor Soemadijo menjelaskan seminar virtual nantinya akan diikuti oleh 30 operator desa sebagai bentuk apresiasi dan dinilai aktif menulis berita di website desa masing-masing.

Transparansi informasi publik menjadi hal yang tidak terelakkan untuk memenuhi hak masyarakat memperoleh informasi. Dengan demikian perlu diimbangi dengan kemampuan dan kapasitas penyaji informasi, dalam hal ini operator website desa.

Materi seminar tentang teknik-teknik pembuatan video profil desa disampaikan oleh Syahru dari Relawan TIK Ngawi. Sedangkan nara sumber lainnya merupakan operator desa Grudo, Arys Purwadi yang berbagi tips dan trik membuat artikel cepat sesuai kaidah jurnalistik.