DERO.NGAWIKAB.ID – Setiap manusia pada umumnya pernah mengalami apa yang disebut dengan sakit. Sehingga kita sepatutnya telah mengerti bagaimana kondisi tubuh yang sakit entah diri kita sendiri ataupun orang lain. Saat kita serta orang-orang di sekitar kita, mendapatkan berkah kesehatan hendaknya kita bersyukur kepada Allah SWT. Namun, apakah yang dapat kita lakukan jika terdapat salah satu atau lebih dari kerabat kita yang sakit?

Baca Juga : PPK Kecamatan Bringin Monitoring Pelaksanaan GCS

Menjenguk, merupakan bagian atas upaya kita untuk memberikan perhatian lebih kepada orang yang sakit. Rasulullah صلىاللهعليهوسلم bersabda:

“Apabila seseorang menjenguk saudaranya yang muslim (yang sedang sakit), maka (seakan-akan) dia berjalan sambil memetik buah-buahan Surga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba.” (HR. at-Tirmidzi : 1/286, Ibnu Majah : 1/244 dan Imam Ahmad dengan sanad shahih).

Dari hadits di atas, kita dapat memahami tentang keutamaan dari menengok orang yang sedang sakit. Selain itu, tanpa kita sadari sebenarnya menjenguk orang sakit juga memberikan beberapa manfaat untuk diri kita sendiri. Apakah sisi positifnya?

1.Membangun ukhuwah/ tali persaudaraan

Seseorang yang sakit seringkali merasa kesepian dan membutuhkan kehadiran orang lain untuk menemaninya walau hanya untuk bertegur sapa. Maka melalui perbincangan ringan dan saling bertatap muka, kita mampu meningkatkan tali persaudaraan kita.

2. Meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT

Manusia tak dapat menghindar dari hasrat untuk memiliki segala sesuatu yang belum ia miliki. Sehingga kita yang sehat seringkali lupa untuk mengucapkan syukur kepada Allah atas nikmat kesehatan itu sendiri. Namun, ketika kita menjenguk orang sakit kita menjadi tersadar bahwa sehat merupakan potongan nikmat yang hendak kita syukuri.

3. Dapat memperoleh pelajaran kehidupan

Tiada api tanpa asap, seperti itu rasa sakit yang muncul pada tubuh seseorang. Mayoritas orang yang sakit menyadari mengenai kelalaiannya yang dapat menyebabkan dia menjadi sakit, adalah saat dimana dia sedang atau telah sakit. Sehingga dalam percakapan yang ada ketika kita menjenguk orang yang sakit, si sakit tak lupa berpesan kepada kita agar lebih berhati-hati dalam mengatur pola makan maupun kebiasaan hidup lainnya. Hal tersebut tentu menjadi cermin bagi kita dalam menjalani kehidupan agar tidak sakit seperti mereka.

Tak Kenal Maka Tak Sayang,Baca Juga :

Sekilas Profil Petugas Operator Website Resmi Desa Dero

Setelah mengetahui potongan kecil dari hikmah menjenguk orang sakit seperti yang telah disebutkan, masihkah Anda ragu untuk meluangkan waktu untuk menengok kerabat Anda yang sakit?

Pepatah berkata kesempatan yang sama tidak dating dua kali. Di sisi lain, kita tak mengerti bagaimana akhir kehidupan dari seorang manusia. Jadi mari kita pertajam rasa simpati kita terhadap sesama, salah satunya dengan menjenguk kerabat yang sedang sakit.

Sumber hadits: https://muslim.or.id/23380-keutamaan-menjenguk-orang-sakit.html