DERO.NGAWIKAB.ID – Sebagai bentuk komitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi seluruh penduduk Indonesia khususnya di kabupaten Ngawi, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Ngawi melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan pemahaman terkait pelayanan kesehatan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Baca Juga : Pendamping PKH Desa Lakukan Validasi Data di Desa Dero

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ngawi,Suhartina perwirawati menyampaikan salah satu upayanya adalah menyelenggarakan kegiatan BPJS Goes To Customer (GTC).

“Kegiatan GTC ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi kami yang dilaksanakan secara langsung bertatap muka, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya JKN-KIS serta menambah pengetahuan masyarakat untuk selalu menerapkan perilaku hidup sehat dan bergotong-royong dalam program JKN-KIS,” jelasnya.

Para Peserta GTC Atau Sambung Rasa yang Bertempat Di aula Puskesmas Bringin

Kegiatan GTC dilaksanakan dalam bentuk sambung rasa dengan peserta program JKN-KIS Puskesmas Bringin, yang di hadiri oleh pemerintah kecamatan,Perwakilan Kepala desa,Kader PKK dan juga undangan lainnya dan dari pihak terkait, Selasa (21/07).

“Sasaran peserta dalam kegiatan GTC untuk sambung rasa yaitu temu peserta program JKN-KIS sasaran pesertanya yaitu peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBN/APBD, Pekerja Penerima Upah (PPU) Penyelenggara Negara (PN), PPU Non PPN, dan Bukan Pekerja Pemerintah, ” terang di sela-sela kegiatan GTC di puskesmas Bringin.

Tina menambahkan, dalam pelaksanaan kegiatan GTC ini tentunya seluruh peserta menerapkan prosedur protokol kesehatan. ” Semua yang yang hadir wajib mencuci tangan sebelum masuk ke ruangan, wajib menggunakan masker, dan selama kegiatan tetap memperhatikan physical distancing, ” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Tina juga menjelaskan bahwa pihaknya juga menyediakan pelayanan Mobile Customer Service (MCS).

“Dengan MCS ini peserta bisa langsung dibantu jika ingin melakukan perubahan,”imbuh Tina.

Baca Juga : Sekilas Profil Petugas Operator Website Resmi Desa Dero

Kegiatan GTC sekaligus MCS ini disambut baik oleh Kepala UPT Puskesmas Bringin, Katon Prasetyo. Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang ada di wilayah kerja puskesmas Bringin

“Dengan kegiatan ini, kami terbantu dalam mendapatkan penjelasan terkait program JKN-KIS, apa yang menjadi hak dan kewajiban kami. Tadi juga disampaikan beberapa kanal pelayanan BPJS Kesehatan yang bisa diakses tanpa harus ke kantor, kan kondisinya sedang pandemi begini. Kami dipandu juga mengenai cara mengoperasikan aplikasi Mobile JKN, dan ada CHIKA, VIKA, dan media sosial lainnya. Begini kami jadi mengetahui lebih banyak dan dapat diskusi langsung jika ada kendala, ” terangnya.