DERO.NGAWIKAB.ID – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Pemerintah Desa Dero melaksanakan Musyawarah Desa Khusus pada hari Jumat tanggal 06/11/20 , Kegiatan ini dilaksanakan Sesuai dengan amanat Permendesa PDTT Tahun 2020 yang sudah mengalami perubahan ketiga kalinya dari Permendesa PDTT 14 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga Atas Permendesa PDTT 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020.

Baca Juga :

Musdessus yang dilaksanakan di aula Kantor Desa Dero ini dihadiri oleh Camat Bringin yang di wakili Luntoro selaku Kasi Trantib, Kades Dero beserta Perangkat Desa, BPD Desa Dero beserta anggotanya, Ketua PKK Desa Dero, kader PKM, ketua RW, RT dan beberapa Tokoh Masyarkat

Peserta Musyawarah Desa Khusus

Perlu diketahui, Perubahan ketiga dari Permendesa PDTT Tahun 2020 ini mengatur tentang penambahan jangka waktu bantuan langsung tunai Desa menginggat Pandemi COVID-19 yang berkepanjangan.

Sesuai dengan Jangka waktu dan besaran pemberian BLT Dana Desa yang dilaksanakan secara bertahap dari awal yaitu penyaluran BLT Dana Desa selama 9 bulan terhitung sejak April 2020 dengan besaran BLT Dana Desa per bulan sebesar Rp. 600.000,- per keluarga untuk 3 (tiga) bulan pertama (April, Mei, dan Juni).

Selanjutnya penyaluran BLT tiga bulan kedua dengan besaran BLT Dana Desa per bulan sebesar Rp. 300.000,- per keluarga untuk bulan Juli, Agustus, dan September.

Dilanjutkan pembagian BLT Dana Desa per bulan sebesar Rp. 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah) per keluarga untuk 3 (tiga) bulan ketiga (Oktober, November, dan Desember).

Baca Juga :

Kepala Desa Dero,Ariyadi dalam sambutannya menjelaskan,

“Bahwa penyaluran bantuan langsung tunai dari Dana Desa untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) masih mengikuti data KPM sebelumnya akan tetapi karena ada 1 KPM yang meninggal dunia dan tidak ahli waris maka jumlah penerima KPM BLT desa Desa Dero dari 84 KPM Menjadi 83 KPM dan nilainya per KPM tetep sama sebesar Rp. 300.000,” Jelas Ariyadi

Dengan dilaksanakan Musdessus ini, diharapkan bisa memberikan pemahaman pada masyarakat Desa Dero tentang mekanisme penyaluran BLT Dana Desa yang selama ini dijalankan.