DERO.NGAWI.KAB – Guna meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ngawi, KPU Kabupaten Ngawi mengundang seluruh anggota PPK se Kabupaten Ngawi dalam kegiatan yang berkonsep Bimbingan Teknis. Bertempat di Kurnia Convention Hall, Rabu (11/11/2020) kegiatan ini diikuti dengan serius oleh seluruh peserta.

Berita Terkait : PPK dan PPS Se- Kec Bringin Ajak Masyarakat Nyoblos Pada Pilbup Ngawi 09 Desember 2020

Dibuka oleh Ketua KPU Ngawi, Prima Aiquina Sulistyanti sekaligus menyampaikan beberapa pesan penting. Diantaranya, seputar kesiapan jajaran penyelenggara tingkat desa (PPS) juga personil KPPS yang sudah terekrut hingga persiapan kegiatan terkait penyediaan logistik mendatang.

Selanjutnya, empat Komisoner secara bergantian menyampaikan paparan materi dalam forum yang berlangsung hampir 5 jam ini. Prima Aequina menitikberatkan pada pentingnya penyelenggara memberikan informasi kegiatan secara runtut, sehingga ini menjadi daya tarik sendiri bagi pemilih untuk memahami, sehingga tergerak untuk menggunakan hak pilih.

“Selama ini, masyaraat umum, yang diketahui adalah saat hari pencoblosan saja. Padahal banyak harus disiapkan dan dilaksanakan berbulan-bulan sebelumnya. Ini sebaiknya disampaikan, agar pemilih mengetahui panjangnya persiapan. Ini juga akan memberi motivasi untuk pergi ke TPS. Tentunya selain tujuan menyuaraan hak pilihnya.” tutur Prima.

Sementara itu, Jakiyem komisioner bidang hukum mengajak peserta memahami regulasi. Masyarakat perlu diinformasikan bahwa Pemilihan Serentak adalah agenda nasional yang telah ditetapkan melalui regulasi khusus, sehingga masyarakat yakin akan menggunakan hak pilih meskipun di masa pandemi.

Prima Aequina sedang menyampaikan hal-hal tentang Kesiapan Pilkada Ngawi

Sudarsono Komisioner yang membidangi Parmas mengingatkan kemballi kepada PPK agar tidak bosan mengabarkan 12 hal baru di TPS. Termasuk tentang tahapan kampanye yang memang berbeda dengan masa sebelumnya. Ini karena ada pembatasan bentuk kampanye. Ini semua bermuara mengutamakan kesehatan masyarakat.

Baca Juga :

Sesi materi terakhir disampaikan oleh Komisioner KPU Kabupaten Ngawi Divisi Teknis Penyelenggaraan, Aman Ridho Hidayat, menyampaikan pentingnya pengadmisnistrasian kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh PPK. Hal ini selain sebagai pelaporan kagiatan juga sekaligus digunakan sebagai kontrol sejauh mana kegiatan sosialiasi yang sudah dilakukan, baik dari sisi sebaran jangkauan sosialisasi dari kewilayahan juga dari sisi basis atau segmen pemilih yang disasar. Kegiatan Bimtek Parmas nantinya juga akan diaksanakan oleh PPK kepada PPS