DERO.NGAWIKAB.ID — Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU & IPPNU) Kecamatan Bringin menggelar seminar virtual (Webinar) Bertempat di Pendopo Kantor Desa Dero. Minggu (22/11).

Webinar yang dilaksanakan melalui aplikasi Zoom Meeting ini dimulai dari pukul 09.00 sampai 11.30 WIB. Kegiatan ini juga mengundang Dua narasumber sebagai pemateri yaitu K.H Amin Maulana Budi Harjono pengasuh pondok pesantren Al Islah Semarang dan Saiful Mujab atau Gus Mujab dosen IAIN Kediri.

Berita Terkait :

Wito Cahyono, Ketua Pimpinan Anak Cabang IPNU Kec Bringin

Wito Cahyono, sebagai Ketua IPNU mewakili pengurus IPNU & IPPNU dan sekaligus host dalam kegiatan ini mengatakan bahwa “Organisasi IPNU dan IPPNU Kecamatan Bringin sebagai inisiator dari kegiatan ini berharap dengan di adakannya webinar dengan mengangkat tema PENDIDIKAN MORAL TANPA OBRAL ini adalah supaya kita tahu bagaimana pentingnya pendidikan moral bagi generasi” penerus bangsa, dan juga tidak lupa juga kita sebagai pelajar untuk tidak melupakan etika dan etitut dalam bersikap.

K.H Amin Maulana Budi Harjono (tengah) Sedang memberikan materi kepada peserta Webinar

Di dalam webinar, K.H Amin Maulana Budi Harjono atau yang akrab di sapa Abah Budi ini menjabarkan tentang pentingnya pendidikan moral bagi generasi muda di Indonesia.

“Pendidikan merupakan suatu proses pengajaran untuk mengembangkan potensi, kemampuan, dan kapasitas manusia yang dipengaruhi oleh kebiasaan baik maupun buruk. Dilakukan dengan kesadaran dan terencana dalam mewujudkannya serta didukung dengan alat (media) yang dapat mencapai tujuan-tujuan pendidikan itu sendiri,”ucap Abah Budi

Pendidikan juga berfungsi sebagai sarana pembentukan moral atau akhlak seseorang. Moral atau akhlak dapat di pengaruhi dengan lingkungan sekitar, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat baik dari pengaruh positif maupun pengaruh negatifnya.

“Moral atau akhlak dapat dikategorikan baik jika dipengaruhi lingkungan yang baik, begitu juga moral atau akhlak dapat dikategorikan buruk jika dipengaruhi lingkunan yang buruk.”Jelasnya

Saiful Mujab (Gus Mujab) Dosen IAIN Kediri

Sedangkan dari sudut pandang akademisi, Dosen IAIN Kediri menyampaikan bahwa,

“Webinar yang diadakan oleh pengurus IPNU dan IPPNU Kecamatan Bringin ini merupakan sebuah kegiatan yang sangat efektif dan positif karena mampu memberikan penjelasan tentang pendidikan moral kepada generasi muda atau pelajar walaupun melalui media online,” ucap Gus Mujab

Lanjut Gus Mujab, “Webinar ini telah memberikan kesadaran para generasi muda dan pelajar akan pentingnya sopan santun,etika dalam bergaul kepada siapapun sesuai dengan tuntunan agama, norma – norma sosial dan pemerintah agar tidak terjerumus kepada hal – hal yang negatif ” Harapnya

Tarian Sufi di peragaan Oleh Rekan IPPNU Kecamatan Bringin

Baca Juga:

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 100 peserta dari PAC IPNU dan IPPNU Se-Kabupaten Ngawi melalui Webinar dan para peserta sangat antusias dengan kegiatan ini, terbukti dari banyaknya perntayaan dan terbangunnya dinamika diskusi selama webinar berlangsung dan kegiatan ini juga di isi atau di selingi tari sufi yang di peragaan kelompok tari sufi Kecamatan Bringin.

Tonton video dan Chanel K.H Amin Maulana Budi Harjono, Jangan lupa Like dan Subscribe dan Coment