DERO.NGAWIKAB.ID – Peran Perempuan dan Media sangat penting dalam upaya Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ngawi Tahun 2020. Hal ini diungkapkan Suparno selaku Ketua PPS Desa Dero saat mengisi acara Kegiatan sosialisasi Pilbup Ngawi khusus perempuan bertempat di aula Kantor Desa Dero, Sabtu (21/11) siang.

“Seperti yang pernah disampaikan KPU, Peran partisipasi perempuan dalam setiap pemilihan menjadi kunci menyukseskan pemilihan, hal ini karena jumlah populasi (pemilih) perempuan lebih banyak dari pada laki-laki,” ungkap Suparno menyampaikan paparannya.

Berita Terkait : KPU Ngawi Gelar Rapat Kerja, Bahas Persiapan Pelantikan Anggota KPPS Pilbup Ngawi 2020

Suparno menjelaskan, walaupun hanya ada satu pasangan calon dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ngawi, bukan menjadi halangan bagi kaum perempuan untuk menyampaikan aspirasinya.

“Antusiasme dan loyalitas perempuan pada pilihannya lebih baik dari pada kaum laki-laki, maka harapan adanya perubahan untuk kondisi yang lebih baik dan sejahtera harus lebih disuarakan oleh kaum perempuan,” tuturnya.

Suparno ( Tengah) Sedang Menjelaskan inti dari Sosialisasi

Suparno juga mengatakan bahwa Dimensi Kerawanan pada Pemilihan 2020 salah satunya datang dari rendahnya partisipasi masyarakat dalam pengawasan dan dalam penggunaan hak pilih, dimana partisipasi masyarakat dibawah target 77,5 %.

“Partisipasi perempuan turut menentukan aspirasi kebijakan yang pro perempuan. Peran perempuan sebenarnya cukup dominan, seluruh kebijakan dari segala sektor juga bersentuhan langsung dengan kebutuhan perempuan, untuk itu, diharapkan dalam Pilkada Ngawi aspirasi masyarakat (perempuan) bisa tersalurkan dengan baik, ” Jelas Suparno.

Suparno juga berharap ibu – ibu di desa Dero menjadi promotor suksesnya Pilbup Ngawi,

” Saya selaku PPS Desa Dero, berharap ibu-ibu yang hadir dalam kegiatan ini bisa mengajak pada lingkungan atau masyarakat lainnya untuk bisa hadir dan menggunakan hak pilihnya dalam Pilbup Ngawi yang akan di laksanakan 9 Desember Nanti, ” Harap Suparno yang akrab di panggil Wo Thekle ini.

Peserta Sosialisasi Khusus Perempuan

Kegiatan sosialisasi khusus perempuan ini, di hadiri Semua PPS dan sekretariatan PPS Desa Dero, Tim Pengerak PKK Desa Dero, BPD Desa Dero keterwakilan perempuan, kader posyandu dan juga ibu – ibu muslimatan.