DERO.NGAWIKAB.ID – Pos Pelayanan Terpadu merupakan kegiatan pemeriksaan kesehatan rutin yang dilaksanakan oleh Bidan Desa kepada masyarakat Desa. Pemeriksaan tersebut antara lain memeriksa tekanan darah, memeriksa kadar gula darah, memeriksa kadar kolesterol dan pemeriksaan kesehatan lainnya.

Berita Terkait : Desa Dero Launching Posyandu Remaja

Di Desa Dero Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi, terdapat beberapa jenis Posyandu yang diselenggarakan di tiga tempat berbeda. Beberapa jenis posyandu tersebut antara lain Posyandu Balita yang terdiri posyandu melati di laksanakan di dusun Dero lor dan posyandu anggrek di dusun kaliwangon dan untuk lansia yaitu posyandu anggrek di laksanakan di dusun kaliwangon sedangkan Posyandu Remaja di laksanakan di pendopo kantor desa Dero dengan melibatkan Bidan Desa Dero dan Kader Posyandu Desa Dero.

Semua Kegiatan dengan protokol Kesehatan Ketat

Namun sejak adanya pandemi Covid-19, kegiatan Posyandupun terhenti dikarenakan aturan Pemerintah yang tidak memperbolehkan adanya kerumunan massa. Tak terkecuali kegiatan Posyandu Remaja Desa Dero pun juga tidak dapat dilaksanakan selama 7 bulan.

Tetapi di karenakan saat ini sudah memasuki masa new normal Pelaksanaan Posyandu Remaja di Desa Dero dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Peserta diwajibkan menggunakan masker, mencuci tangan sebelum masuk ke pendopo serta menjaga jarak dengan teman remaja yang Sabtu (14/11)

Baca Juga : Sesuai Protokol Kesehatan, PKK Desa Dero Laksanakan Posyandu

Wiji ( Bidan Desa Dero) Sedang memeriksa salah satu Remaja

Ada beberapa point pemeriksaan yang dilakukan oleh Bidan Desa Dero pada pelaksanaan Posyandu Remaja ini. Pemeriksaan tinggi badan, pemeriksaan berat badan, pemeriksaan tensi darah dan pemeriksaan lingkar lengan atas (LILA) merupakan pemeriksaan wajib yang dilakukan setiap pertemuan. Disamping pemeriksaan tersebut, Ibu Wiji selaku bidan desa juga memberikan konseling kesehatan terhadap para remaja. Konseling yang diberikan adalah mengenai permasalahan atau kasus yang sering dialami oleh para remaja seperti permasalahan menstruasi, gizi, anemia waktu menstruasi dan permasalahan lain seputar kesehatan remaja dan juga Konseling pemberian tablet tambah darah.

Semoga Covid-19 segera berlalu sehingga kegiatan Posyandu khususnya Posyandu Remaja bisa dilaksanakan kembali secara normal.

Tak Kenal Maka Tak Sayang,Baca Juga : Sekilas Profil Petugas Operator Website Resmi Desa