DERO.NGAWIKAB.ID – Meningkatnya curah hujan dalam tiga hari terahir membuat debit air di Waduk Pondok Desa Gandong Kecamatan Bringin pada Minggu (22/11) meningkat tajam. Kondisi tersebut membuat air berubah menjadi keruh, akibatnya ikan yang ada di pinggiran waduk pondok tersebut mabuk. Fenomena ini oleh warga setempat sering disebut munggut atau pladu, dan warga langsung beramai-ramai menangkap ikan yang mabuk tersebut.

Baca Juga : Seni Jaranan Turonggo Saputro Mulyo Desa Dero, Sabet Juara 2 di Gebyar Festival Seni Jaranan Junior Waduk Pondok.

Seperti yang terlihat di pinggiran waduk pondok tepatnya di wilayah Dusun Boljati Desa Dampit Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi, puluhan warga, bapak-bapak, ibu – ibu, tua muda, mereka ramai ramai menangkap ikan mabuk yang menepi di pinggiran.

Pladu di Pinggiran waduk pondok

Meski hanya menggunakan tangan kosong maupun peralatan seadanya, seperti jaring , mereka dengan mudah dapat menagkap ikan yang mabuk tersebut

Aris (33), warga desa setempat mengungkapkan bahwa fenomena alam seperti ini rutin terjadi setiap awal musim hujan dengan intensitas yang tinggi. Kondisi tersebut berlangsung setelah debit air waduk pondok meningkat tajam, setelah musim kemarau dan saat memasuki awal musim hujan, sehingga air berubah menjadi keruh.

“Banyak ikan yang mabuk, kejadian ini sejak sekitar pukul 06.00 WIB dan kejadian seperti ini hampir setiap setiap awal musim hujan dengan intensitas yang tinggi dan debit air waduk pondok naik, pasti banyak ikan yang mabuk,” kata Aris.

Aris, sedang memamerkan ikan hasil Pladu

Berbagai jenis ikan yang ada di sungai tersebut seperti bader (tawes), jendil (patin) dan nila serta beberapa jenis ikan air tawar yang lain, dengan mudah dapat ditangkap warga.

“Setiap warga bisa menghasilkan lebih dari lima kilo gram ikan. Jika beruntung, bisa mendapatkan ikan berukuran besar, hingga lebih dari 10 kilogram satu ekornya,” tutur Aris.

Fenomena alam ini menjadi berkah tersendiri bagi warga di pinggiran waduk pondok. Kondisi tersebut diperkirakan berlangsung hingga esok hari.

Baca Juga :