DERO.NGAWIKAB.ID – Jika Anda adalah seorang penggemar kerajinan tangan dari bambu dan penggemar burung jangan segan untuk meluangkan waktu untuk singgah di Desa Dero Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi. Anda tak hanya menemukan pengrajin bambu yang merupakan produk asli Desa Dero, tetapi di desa Dero juga ada pengrajin sangkar . Sangkar burung ini meskipun dibuat dengan cara tradisional, namun memiliki kualitas tinggi.

Baca Juga :

Eko Widiatmoko adalah  salah satu pengrajin sangkar burung Desa Dero. Pria yang mulai membuat sangkar burung sejak tahun pertengahan tahun 2015 ini mengatakan hingga saat ini ia masih bertahan membuat sangkar burung dengan peralatan sederhana hasil rakitan sendiri. Usahanya justru mampu menghidupi keluarganya. Pria berambut pendek ini mengatakan sangkar buatannya terkenal kuat karena menggunakan lem dan paku.

Sangkar Burung Buatan Pak Eko Yang Setengah Jadi

“Kalau disini pakai paku dan pakai lem. Paku yang dipakai adalah paku khusus jadi kepala pakunya tidak terlihat.” Ungkap Eko.

Sangkar burung buatan Eko Widiatmoko umumnya dibuat dengan menggunakan kayu jati dan kayu kayu sonokeling. Kayu jati dipilih karena terkenal kuat dan tahan terhadap hama seperti rayap. Kayu sonokeling dipilih karena memiliki motif kayu yang indah dan berkelas.

Pria Tiga puluh empat tahun ini mampu memproduksi dua sangkar setiap harinya. Sangkar buatannya biasanya dipasarkan di wilayah Kecamatan Bringin dan luar Kecamatan Bringin.

Baca Juga :

Pembuatan satu sangkar membutuhkan dua lembar papan kayu seharga dua puluh ribu rupiah dan jari-jari sangkar seharga lima ribu rupiah. Keuntungan yang diraih dapat mencapai tujuh puluh lima ribu rupiah untuk satu sangkar.

Sangkar Burung Buatan Pak Eko Yang Sudah Jadi

Modal seringkali menjadi hambatan bagi para pengusaha untuk mengepakkan sayapnya lebih tinggi. Hal ini juga dialami oleh Eko Widiatmoko.

“Sampai saat ini yang masih menjadi masalah ya modal. Kalau meminjam bunganya terlalu tinggi,”ungkap Eko. Karena bapak Satu Anak Ini berharap untuk mengembangkan usahanya lebih besar lagi.