DERO.NGAWIKAB.ID – Enam belas siswa Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) dari dua rayon yang ada di Ranting Bringin, yaitu Rayon Pule dan Rayon Gandong mengikuti tes kenaikan tingkat dari sabuk polos ke jambon. Sabtu (26/12)

Berita Terkait :

Tes kenaikan tingkat ini merupakan hal yang rutin dilakukan oleh PSHT. “Jadi di PSHT itu ada 4 tingkatan. Yakni, Polos, Jambon, Hijau dan Putih,” ujar Ketua PSHT Ranting Bringin, Sukiman disela-sela pelaksanaan kegiatan.

Menurut Sukiman, tingkatan tersebut wajib dilalui oleh setiap siswa sebelum akhirnya menjadi seorang warga di PSHT.

“Dimana-mana tingkatan itu harus dilalui oleh setiap siswa, sekalipun ia mengikuti latihan di komisariat luar negeri. Itu sudah ada peraturan baku,” tambahnya.

Sukiman sedang memberikan wejangan kepada siswa Rayon Pule

Dalam pelaksanaan kenaikan tingkat jelasnya, para siswa diuji pelajaran-pelajaran yang sudah diberikan selama latihan. Seperti, Dower, senam dasar dan juga jurus serta sambung. “Itu yang diuji. Kalau berhasil maka siswa tersebut berhak untuk mendapatkan sabuk jambon,” jelasnya.

Sukiman menambahkan, perkembangan PSHT di Ranting Bringin terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Untuk tahun ini, semua Rayon ( sebutan setingkat desa) di wilayah kecamatan Bringin semua ada tempat latihannya.

“Kami sebagai bagian dari PSHT memiliki kewajiban untuk mengembangkan PSHT dimanapun kami berada. Makanya PSHT selalu ada dimana-mana, disetiap daerah bahkan sudah sampai ke luar negeri. Itu adalah bagian dari sebuah kewajiban,” ujarnya.

Menurut Sukiman, apa yang dilakukan pihaknya sebagai upaya untuk terus melestarikan budaya asli Indonesia, yakni pencak silat. Saat ini, berbagai aliran dan perguruan pencak silat banyak berkembang. “Itu adalah hal yang positif. Terutama kita sebagai generasi muda tentunya punya kewajiban untuk melestarikan budaya asli Indonesia. Jangan nanti setelah diambil negara lain, baru sibuk dan ikut-ikutan peduli,” tegasnya. Sehingga, dia berharap pencak silat terus mendapat tempat dan perhatian dari berbagai pihak dan kalangan.

Sukiman sedang memberikan wejangan kepada siswa di Rayon Gandong

Baca Juga : Dengan FGD, Polres Ngawi Ajak Gapoktan Cegah Penggunaan Jebakan Tikus Beraliran Listrik

Di tempat yang sama, pelatih tetap Ranting Bringin, Suparno yang mendampingi Ketua Ranting dalam kegiatan turba di dua rayon tersebut menjelaskan, ada 16 siswa yang ikut serta dalam test kenaikan tingkat.

“Ada 16 siswa yang malam ini ikut kenaikan tes jambon, 9 di rayon gandong dan 7 di rayon Pule kenongorejo,” terangnya.

Sementara Pelatih Rayon Pule, Sampan menyampaikan sangat berterima kasih kepada kepengurusan PSHT Ranting Bringin Cabang Ngawi Pusat Madiun, karena pengurus ranting bringin terutama Ketua Ranting sangat begitu aktif melaksanakan kegiatan turba ke rayon rayon untuk mempererat rasa persaudaraan antar warga dan terutama yang sangat penting lagi yaitu menyampaikan pitutur luhur ( ke SH an ) kepada siswa atau warga yang hadir agar tidak lupa pada didikan luhur SH Terate,” tandasnya