DERO.NGAWIKAB.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara pilkada serentak pada selasa (16/12/2020).

Rapat pleno terbuka tersebut diikuti seluruh panitia pemilihan kecamatan (PPK) di Kabupaten Ngawi. Rapat pleno juga disaksikan Bawaslu Ngawi dan saksi paslon.

Berdasarkan rekapitulasi dalam rapat pleno terbuka itu, pasangan calon nomor urut 1 , Ony Anwar Harsono dan wakilnya Dwi Riyanto unggul di setiap kecamatan di Kabupaten Ngawi. Dan Pasangan Ony-Antok tersebut dipastikan menang telak lawan kotak kosong.

Ony-Antok mendapat 471.082 suara atau 94,42 persen. Sedangkan kotak kosong memperoleh 27.831  suara atau 5,58 persen. Khusus di wilayah Kecamatan Kasreman, tidak ada perolehan suara untuk kotak kosong. Dari total 19.770 pemilih sesuai DPT,  memperoleh 18.950 suara dengan 96 suara tidak sah.

Ketua KPU Ngawi Prima Aequina Sulistyani mengungkapkan, tahapan selanjutnya adalah penetapan pasangan calon terpilih. Penetapan tersebut dilakukan jika tidak ada gugatan sengketa hasil pemilihan di Mahkamah Konstitusi (MK).

“KPU Ngawi menunggu pencatatan perkara oleh MK di buku register perkara konstitusi (BRPK). Kalau lihat jadwalnya di tahapannya MK pencatatan BRPK tanggal 18 Januari 2021,” jelas Prima.

Rapat pleno  rekapitulasi  perolehan suara  tingkat kecamatan Pilbup Ngawi oleh  KPU Ngawi dilaksanakan dengan pengamanan ketat  petugas dan mengedepankan protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0