DERO.NGAWIKAB.ID – Sebanyak 95 petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dan 26 Pengamanan TPS atau Linmas dalam rangka Pilkades dari 2 desa di Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi yaitu Desa Suruh dan Desa Krompol menjalani rapid test, pada Sabtu (19/12/2020).

Hal itu dilakukan guna memastikan kondisi kesehatannya sebelum pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak kabupaten Ngawi.

Baca Juga : Cegah Covid-19, PPS Dero Hibahkan Thermogun ke Pemerintah Desa

Kepala Puskesmas Bringin, Katon Prasetyo mengatakan, pihaknya melakukan pemeriksaan kesehatan serta rapid test terhadap anggota KPPS yang akan bertugas pada Pilkades di 2 Desa tersebut untuk memastikan mereka aman dari penularan Covid-19.

“Jika hasil rapid tesnya reaktif akan langsung dilakukan swab test,” ujarnya.

Kapolsek Bringin Bersama pemerintah kecamatan Bringin

Hadir dalam kegiatan tersebut kasi Pemerintahan Kecamatan Bringin, Kasi trantib, Kapolsek Bringin, Koramil Bringin, kepala Puskesmas dan Petugas Rapid dan semua Kpps serta linmas dari Desa Suruh dan Desa Krompol.

Camat Bringin yang di wakili Kasi Pemerintahan, Sapto Nugroho mengungkapkan, pihaknya mendukung kegiatan rapid test untuk anggota KPPS agar Pilkades di Kecamatan Bringin berjalan sesuai dengan protokol kesehatan.

“Sesuai arahan dari Pemkab Ngawi, rapid tes untuk para petugas KPPS ini untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. Mudah-mudahan Pilkades di kecamatan Bringin khususnya dan umumnya di Kabupaten Ngawi aman, kondusif, terkendali dan berjalan sesuai protokol kesehatan,” ujarnya.

Ia juga mengimbau seluruh masyarakat di 2 Desa tersebut yang memiliki hak pilih dan telah mendapat surat undangan, agar menyalurkan hak pilihnya dengan mendatangi TPS yang telah ditentukan.

“Tapi perlu diingat protokol kesehatan harus diutamakan, seperti memakai masker, menaga jarak, mencuci tangan dan tidak kerumunan. Saat mendatangi TPS jangan bersamaan, tapi nanti secara bergantian,” jelasnya.

Jadwal Rapid Kpps Pilkades se – Kabupaten Ngawi.
Lebih Jelas klik disini

Desa Suruh dan Desa Krompol merupakan dua desa dari 22 desa dari 13 kecamatan di Kabupaten Ngawi yang akan menyelenggarakan Pilkades Serentak pada 23 Desember 2020. Desa suruh ada 4 TPS dan di desa Krompol ada 7 TPS.