DERO.NGAWIKAB.ID – Siswa Dewasa PersaudaraaN Setia Hati Terate (PSHT) Rayon Dero mengikuti ujian kenaikan tingkat dari sabuk polos menuju sabuk jambon, pada Jumat (12/12) Malam. Acara di laksanakan di Sekretariatan PSHT Ranting Bringin Cabang Ngawi Pusat Madiun, tepatnya di Jln Terate Dusun Dero Kidul Desa Dero Kecamatan Bringin.

Berita Terkait : PSHT RAYON DERO RANTING BRINGIN SUKSES LAKSANAKAN KEGIATAN KENAIKAN SABUK JAMBON

Kenaikan sabuk polos ke tingkat jambon siswa dewasa tersebut, diikuti oleh 36 siswa, terdiri dari 17 Siswa putri (ibu – ibu) dan 19 siswa putra (bapak-bapak)

Ketua PSHT Ranting Bringin Sukiman, ditemui Dero.ngawikab.id sebelum kegiatan menjelaskan, untuk bisa lolos dan menyandang sabuk jambon para siswa diminta menunjukkan kebolehannya di hadapan para pelatih yang ditunjuk sebagai Dewan tes.

Pengarahan sebelum Tes Materi oleh Pelatih Ranting

Sebelum melewati ujian kenaikan tingkat dari sabuk polos (siswa), dan nantinya mendapatkan sabuk jambon mereka berurutan mengambil nomor dada terlebih dahulu, sebelum dipanggil mengikuti tes materi meliputi senam dasar, jurus, sambung dan ke-SH-an serta tes mental pengambilan sabuk di makam. Siswa diwajibkan menghafal senam dan jurus yang telah diberikan oleh pelatihnya.

“Setelah tes materi dan sambung tersebut selesai , masih ada tes uji nyali yaitu pengambilan sabuk di makam,” bebernya.

Sukiman sedang memberikan arahan pada siswa dewasa sebelum pelaksanaan pengambilan sabuk

PSHT merupakan perguruan silat yang menjunjung tinggi nilai budi luhur dan kuat dalam persaudaraan kemanusiaan‎. Dalam salah satu didikannya yakni,

“Wong SH Terate iku kudu biso Memayu Hayuning Bawono (jadi orang SH Terate itu harus mengusahakan (mengupayakan) Keselamatan, Kebahagiaan, ketentraman dan Kesejahteraan masyarakat luas di Dunia ini ),” papar Sukiman

Kegiatan tes materi

Baca Juga : Catat !!! Ini 9 Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari

Setelah menyandang sabuk jambon Ketua Ranting yang akrab dipanggil Mas Sukiman ini berharap, dengan dilakukannya ujian kenaikan tingkat ini, siswa bisa lebih terampil dalam menguasai ilmu-ilmu PSHT. Dengan begitu, lanjutnya, siswa PSHT akan lebih sigap dan cepat tanggap dalam menyerap ilmu yang telah dikuasainya. para siswa tersebut nantinya bisa berlatih lebih giat dan semangat serta mendalami ke SH an agar benar-benar bisa menjadi insan manusia yang di harapkan di SH Terate.

“Tujuan utama PSHT adalah membentuk manusia berbudi luhur tahu benar dan salah. Jika ada warga PSHT yang tidak bisa seperti itu, harus dipertanyakan ke-SH-annya,” tandasnya.

Acara ini dihadiri oleh Ketua Ranting Bringin Rokho Mas Sukiman beserta pengurus Ranting, pelatih Ranting Bringin, dan juga sekitar 60 Warga (sebutan pendekar) yang ada di wilayah Ranting Bringin.