DERO.NGAWIKAB.ID – Cara untuk menyalurkan kegemaran dan memanfaatkan waktu senggang beragam. Salah satunya dengan bertanam bunga. Selain menjadi hobi yang menarik, menanam dan mengoleksi bunga disebut ampuh mengusir stres dan rasa kesepian.

Baca Juga :

Menurut Puji Susanti, Warga Dusun Tegal Duwur Desa Dero, salah satu penghobi bunga, bertanam dan mengoleksi bunga saat ini sudah lebih dari sekadar hobi. Kegiatan yang kini semakin digemari itu dianggap sebuah gaya hidup tersendiri yang mempu memberikan kepuasan.

“Bunga yang banyak diposting lalu harga yang ternyata menggiurkan di tengah covid-19 ini menjadi ketertarikan banyak orang,” ujar , Jumat (01/01).

Koleksi bunga milik Puji Susanti

Tidak hanya biaya yang harus diperhatikan. Ketelatenan dan keuletan seseorang akan bisa membuat bunga semakin menarik dan bukan sekadar mengikuti tren.

“Kalau tren berubah setiap waktu. Namun setiap bunga yang di tempatkan pada pot yang serasi dan dirawat dengan serius akan menghasilkan keindahan. Sebaliknya jika dibiarkan, akan menjadi semak yang justru menjadi sarang hewan,” jelasnya.

Senada dengan Puji Susanti, penghobi Bunga lain, Suprihatin Warga Dusun Dero Lor(39), saat di temui dero.ngawikab.id dirumahnya, mengaku setiap bunga yang ditanam di halaman rumahnya punya kenangan sendiri,

“Yang anggrek ini saya beli saat suami saya pulang dari Sumatra. Lalu yang anggrek satunya itu saya tanam saat anak saya masuk sekolah,” jelasnya.

Suprihatin saat di temui sedang memilihi bunga yang layu

Bunga, bagi Suprihatin, selain untuk menghiasi pekarangan halaman, juga sebagai cara dia mencatat sebuah peristiwa atau kenangan.

“Dengan merawat bunga ini, maka setiap kenangan akan terus hidup di pikiran saya. Untuk itu, saya pribadi menanam bunga dan mengoleksinya sebagai catatan sebuah kenangan,” ungkapnya sambil tersenyum tipis

“Misalnya, bunga yang kutanam saat saya pacaran, maka itu juga saya anggap mantan dan biarlah dimiliki orang lain. Jadi, bunga bagi saya sangat penting bahkan saya anggap seperti koleksi perangko atau uang lama,” imbuhnya.

Suprihatin sejak sebelum menikah telah banyak menanam bunga. Di antaranya koleksi yang dimiliki juga telah ia lepas dan diberikan kepada orang lain.

” Saat sedang tren bunga seperti sekarang ini kami pecinta bunga juga sering barter bunga.Biasanya yg ditukar adalah bunga yang memang belum dimiliki.Jadi bisa menambah koleksi bunga kami ,” imbuhnya.

Banyak bunga yang dipelihara Suprihatin dan beberapa temannya yang punya hobi sama. Di antaranya terlihat bunga aglonema, mawar, keladi, bunga krokot, bunga Asoka, nona makan sirih, anggrek, dan masih banyak lagi jenisnya.

Tak Kenal Maka Tak Sayang, Baca Juga : Sekilas Profil Petugas Operator Website Resmi Desa Dero