DERO.NGAWIKAB.ID – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Dero bersama Pemerintah Desa Dero menggelar dan melaksanakan Musyawarah Desa (Musdes) dalam rangka penetapan rencana kerja pembangunan desa (RKPDes) Tahun 2021. Senin (13/1).

Pelaksanaan Musdes RKPDesa bendasarkan pada Permendesa PDTT 21 tahun 2020 tentang Pedoman Umum Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa bertujuan untuk menyusun perencanaan desa yang baik dan matang dalam menentukan pokok-pokok kebijakan arah pembangunan Desa Dero untuk tahun 2021.

Baca Juga :

Bertempat di Pendopo Kantor Desa Dero, Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Camat Bringin yang di wakili Sekcam Bringin Agus Faridi, Kepala Desa beserta Perangkat, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, Pendamping Desa, Ketua BPD Desa Dero, perwakilan Ketua RT/RW, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat.

Sambutan Kades Dero, Ariyadi

Kepala Desa Dero, Ariyadi dalam sambutanya, mengakui dalam proses penyusunan RKPDes tentu tak luput dari kesalahan dan kekurangan, Ia berharap kedepannya agar bisa saling bekerjasama untuk menyempurnakan RKPDesa ditahun Berikutnya.

Sambutan Ketua BPD Desa Dero, Rohmad menyampaikan bahwasannya Musyawarah RKPDesa ini wajib untuk dilaksanakan, karena jika musyawarah RKPDesa tidak dilaksanakan, maka tidak akan bisa melanjutkan proses selanjutnya yaitu Musrenbang, dan selanjutnya akan ditetapkan menjadi APBDES.

Camat Bringin yang diwakili Sekcam Bringin, Agus Faridi dalam sambutannya, mengapresiasi pada Desa Dero yang sudah menyelesaikan RKPDes sesuai dengan jadwal yg di tetapkan. Camat Bringin, Ia Menyampaikan Bahwa untuk Menyusun RKPDes yang paling penting adalah bagaimana mewujudkan dan melaksanakan dalam pemanfaatan Dana Desa maupun ADD dalam mewujudkan infrasuktur baik (fisik dan non fisik) secara tranparan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa.

Adapun materi yang dibahas dalam Musyawarah Desa tersebut yakni :

  • Pembahasan Prioritas Dana Desa
  • Penetapan Perubahan RKPDesa
  • Pembahasan RKPDes TA. 2021

Setelah dilakukan pembahasan terhadap materi, selanjutnya seluruh peserta Musyawarah Desa, menyepakati bersama beberapa hal yang selanjutnya ditetapkan sebagai hasil keputusan musyawarah desa.

Acara berlangsung lancar dan tetap mengedapankan protokol Kesehatan yang ketat yaitu dengan mencuci tangan, menggunakan Masker, menjaga jarak, dan melakukan pengecekan suhu tubuh untuk Mencegah Penularan Covid 19.

Baca Juga :

Pemkab Ngawi Siap Terima Vaksin Covid-19 SONOVAC Tahap Awal