DERO.NGAWIKAB.ID – Jajanan tradisional berbahan singkong tetap eksis hingga kini. Bahan bakunya boleh sederhana, tapi rasanya yang manis legit bikin orang ketagihan.

Banyak sekali jajanan tradisional yang menggunakan singkong sebagai bahan baku. Sebut saja misalnya getuk, timus, sawut hingga gatot singkong. Mayoritas kudapan manis ini populer di pulau Jawa.

Di kota besar memang agak sulit menemukan jajanan ini tapi di desa, penjualnya masih eksis kala pagi dan petang. Misalnya di Dero, jajanan berbahan singkong bisa dengan mudah dijumpai di pasar tradisional.

Meskipun bahan bakunya singkong, tapi aneka jajanan ini berhasil menghadirkan sensasi rasa dan tekstur yang saling berbeda satu sama lain. Berikut ini jajanan ndeso berbahan singkong yang enaknya tak lekang oleh waktu.

Macam – macam Jajanan Ndeso yang terbuat dari bahan Singkong

Getuk atau gethuk termasuk satu jajanan legendaris yang terbuat dari ketela pohon atau singkong. Di Jawa Timur dan Jawa Tengah, getuk seolah sudah jadi makanan ikonik yang jadi santapan harian masyarakat.

Ada dua jenis getuk yang populer yakni getuk biasa dan getuk lindri. Keduanya sama-sama berbahan baku singkong. Penyajiannya pun dengan pelengkap taburan kelapa parut. Yang membedakannya adalah proses pembuatan getuk.

Getuk singkong dibuat dari singkong rebus yang ditumbuk halus dan dicampur gula jawa saat masih panas. Getuk ini identik dengan warna coklat dan bentuk yang agak kasar, padat dan dicetak dalam cetakan besar.

Sementara getuk lindri terbuat dari singkong yang sudah direbus kemudian digiling halus dengan tambahan gula pasir. Kadang getuk ditambah pewarna makanan untuk membuatnya menarik. Kemudian adonan getuk dicetak kecil memanjang mirip mie lalu dicetak persegi. Getuk lindri memiliki tekstur yang lebih halus dan lembut.

Berita Sebelumnya :

SELAMA PPKM NGAWI, INI CARA YANG PERLU KAMU TAU DALAM MENGURUS KK, KTP, AKTE, PINDAH TEMPAT, DLL