DERO.NGAWIKAB.ID –

Daun salam sering digunakan untuk memasak agar makanan menjadi lebih nikmat.  Daun salam biasanya sebagai bumbu penyedap bagi masakan dan dicampurkan pada masakan dalam bentuk kering ataupun masih segar.

Dibalik itu, ada manfaat daun salam yang penting untuk kesehatan, yang sayangnya sering diabaikan oleh banyak orang.

Kandungan daun salam:

  • Kandungan antioksidan pada daun salam mampu untuk mengobati beberapa penyakit.
  • Rutin, salisilat, asam caffeic, dan fitonutrien. Empat kandungan tersebut diyakini mampu meningkatkan kesehatan jantung, mencegah stroke dan kanker.
  • Berfungsi untuk membantu menormalkan darah penyakit hipertensi.
  • Asam laurat. Kandungan kimia asam laurat ini dimanfaatkan sebagai obat alami pengusir serangga.
  • Vitamin yang terkandung pada daun salam di antaranya vitamin A dan vitamin C.

Daun salam membantu menyembuhkan beberapa penyakit, ini menjadi berita bagus yang terutama bagi orang yang kurang duka dengan penggunaan obat-obatan kimiawi.

Baca Juga : INI BEBERAPA MANFAAT DAUN BINAHONG YANG PERLU KAMU DIKETAHUI

Mengutip dari laman kontan.co.id ,daun salam kaya akan minyak asiri, tanin, dan flavonoid. Tidak hanya itu daun salam juga mengandung senyawa alkaloid.

Hal inilah yang membuat daun salam dipercaya mampu menyembuhkan sejumlah penyakit. Sekedar info, daun salam tumbuh secara liar di hutan. Namun, sebagian orang ada yang sengaja menanam daun salam di kebun.

Mengutip dari buku berjudul Tanaman Obat Tradisional Volume 2 karya Thomas A.N.S tanaman daun salam cukup besar dan tingginya bisa mencapai 20-25 meter. Pohon salam memiliki karakter berdaun lebat, sehingga sering dijadikan tanaman peneduh.

Daun salam sebagai obat herbal

Pengobatan herbal menggunakan daun salam sudah dikenal sejak dahulu kala. Bahkan, sudah banyak penelitian yang membuktikan bila daun salam memang efektif menyembuhkan sejumlah penyakit.

Berikut manfaat daun salah dalam dunia pengobatan.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi)

Penyakit darah tinggi (hipertensi) disebabkan pola makan, gaya hidup, dan juga emosi yang sering “meledak”.  Penyakit hipertensi termasuk ke dalam salah satu penyakit paling mematikan di dunia, dan menjadi faktor utama seseorang terkena penyakit stroke serta diabetes.

Kandungan flavonoid pada daun salam berkhasiat untuk mencegah hipertensi dan menurunkan kadar kolesterol tubuh. Ramuan daum salam untuk mengatasi hipertensi.

Siapkan bahan 7-15 lembar daun salam segar, cuci bersih. Lalu siapkan 3 gelas air (600 ml)

Cara Membuat: rebus daun salam segar dan air hingga menjadi kira-kira satu gelas saja. Dinginkan dan saring. Minum ramuan dua kali sehari sebelum makan (masing-masing sebanyak satu gelas).

  1. Menurunkan dan menyembuhkan kolesterol

Tinggi kolesterol adalah hal yang sangat dikhawatirkan banyak orang, karena bisa memicu banyak penyakit berbahaya lainnya, yang bahkan bisa menyebabkan kematian. Daun salam ternyata manjur untuk membantu menurunkan kolesterol, penggunaan dengan merebus daun salam. Umumnya air rebusan menggunakan 3 gelas air, yang direbus hingga sisa 1 gelas air saja.

  1. Menurunkan asam urat

Penyakit asam urat sangat menyiksa, yang menimbulkan rasa nyeri sehingga menganggu kegiatan sehari-hari. Dilansir dari sidomi.com, asam urat terjadi ketika kandungan purin di dalam tubuh meningkat drastis. Sebagian purin ada yang mengendap di sendi sehingga menimbulkan rasa nyeri. Asam urat sering menyerang pada sendi kaki dan membuatnya bengkak.

Penyebab asam urat disebabkan konsumsi makanan seperti emping melinjo, kacang, dan sebagainya. Menyeruput seduhan daun salam bisa menjadi cara mengatasi asam urat. Daun salam memiliki kandungan zat yang mampu mengurangi keluhan asam urat.

Manfaat daun salam sebagai obat alami asam urat, bisa dilakukan dengan merebusnya. Caranya, ambil 10 lembar daun salam, rebus bersama sekitar 700 cc air, biarkan air rebusan tersebut mendidih hingga tersisa 1/3 nya saja. Saring air rebusan, dan minum selagi hangat.

4. Menurunkan Diabetes

Kandungan flavonoid di dalam daun salam juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah.

Daun salam bisa jadi obat herbal untuk para penderita diabetes melitus alias kencing manis. Cara meraciknya mudah, Anda rebus daun salam segar atau yang sudah dikeringkan.

Anda minum air rebusan daun salam secara teratur saban harinya.

  1. Sakit gigi

Selain mengandung flavonoid, daun salam juga mengandung tanin yang bersifat antiinflamasi dan antimikroba. Zat inilah yang membuat daun salam mampu mengobati sakit gigi. Selain itu kandungan minyak asiri dalam daun salam memiliki efek analgesik.

Penelitian yang dilakukan oleh Agus Sumono dan Agustin Wulan SD pada 50 orang pasien di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Jember menunjukkan hasil kumur dengan air rebusan daun salam mampu mengurangi jumlah bakteri streptococcus sp dalam rongga mulut.

  1. Diare

Terakhir, daun salam merupakan obat herbal diare. Dalam uji mikrobiologi dengan metode cakram menunjukkan bahwa etanol di daun salam mampu menghambat pertumbuhan bakteri E.coli, Salmonella sp, dan Vibrio cholera.

  1. Radang lambung

Daun salam juga efektif meredakan radang lambung. Untuk merasakan manfaatnya Anda rebus 30 gram daun alam, 30 gram daun sambiloto kering, gula batu, dengan 600 ml air.

Anda masak semua bahan sampai menyisahkan air setengahnya. Setelah dingin, Anda minum obat herbal tersebut dua kali sehari.

Meski memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, Anda sebaiknya tidak mengkonsumsi daun salam secara berlebihan.

Ada baiknya Anda mengonsumsi daun salam sesuai dengan saran penyajian.

Semoga Bermanfaat, Dan Kita Semua Sehat Selalu. Aamin Ya Robalalamin

Baca Juga, Pos Sebelumnya :

Makna Seleksi Alam Dalam Latihan SH Terate