DERO.NGAWIKAB.ID – Di balik rasanya yang lezat, ada segudang manfaat kacang tolo bagi kesehatan tubuh, mulai dari menurunkan berat badan hingga menyehatkan jantung. Simak penjelasan lengkap mengenai manfaat kacang tolo dalam artikel ini.

Kacang tolo umumnya berwarna pucat dengan bintik hitam, cokelat, atau merah yang menyerupai mata. Meski kacang tolo tak sepopuler kacang tanah, kacang merah, atau kacang polong, ada banyak kandungan nutrisi di dalamnya yang tak kalah menyehatkan.

Baca Juga :

Kandungan Nutrisi Kacang Tolo

Manfaat kacang tolo bisa Anda dapatkan dari kandungan nutrisinya yang berlimpah. Dalam 170 gram kacang tolo yang matang terdapat 194 kalori dan beragam nutrisi penting, seperti:

  • 13 gram protein
  • 1 gram lemak
  • 35 gram karbohidrat
  • 11 gram serat
  • 88% dari kebutuhan harian folat
  • 50% dari kebutuhan harian tembaga
  • 28% dari kebutuhan harian tiamin
  • 23% dari kebutuhan harian zat besi
  • 21% dari kebutuhan harian fosfor
  • 21% dari kebutuhan harian magnesium
  • 20% dari kebutuhan harian zinc
  • 10% dari kebutuhan harian kalium

Selain itu, kacang tolo juga mengandung vitamin B6, selenium, dan riboflavin. Kacang tolo juga diketahui mengandung senyawa bioaktif, seperti polifenol, dengan kadar yang tinggi. Senyawa ini berperan penting sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan sel dan melindungi tubuh dari penyakit.

Beragam Manfaat Kacang Tolo

Dengan berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya, kacang tolo dipercaya mampu membawa banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat kacang tolo yang bisa Anda peroleh:

1. Menjaga kesehataan saat hamil

Kacang tolo merupakan salah satu makanan yang banyak mengandung folat. Folat berperan penting dalam mendukung pembentukan dan perkembangan saraf dan otak janin. Folat juga penting untuk mengurangi risiko terjadinya cacat tabung saraf, seperti anensefali dan spina bifida, pada bayi yang baru lahir.

Oleh karena itu, mengonsumsi kacang tolo baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan bayi yang dikandungnya.

2. Membantu menurunkan berat badan

Kacang tolo juga merupakan pilihan camilan yang ideal bagi Anda yang ingin menurunkan atau menjaga berat badan normal. Hal ini berkat kandungan protein dan serat larut di dalamnya yang dapat menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama dan mengendalikan nafsu makan.

Manfaat kacang tolo ini dibuktikan oleh beberapa penelitian yang menemukan bahwa rutin mengonsumsi kacang-kacangan, termasuk kacang tolo, bisa menurunkan berat badan secara efektif sekaligus mengurangi kadar lemak dalam tubuh.

3. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Selain baik untuk menurunkan berat badan, serat larut juga merupakan nutrisi penting untuk mendukung kesehatan sistem pencernaan. Kandungan serat larut yang tinggi dalam kacang tolo dapat membantu melancarkan buang air besar pada penderita konstipasi.

Serat larut juga bisa berperan sebagai prebiotik yang mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus dan menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu, konsumsi serat yang cukup juga dapat membantu mengurangi risiko gangguan pencernaan, seperti asam lambung, wasir, dan tukak lambung.

4. Mengontrol kadar gula darah

Kandungan serat pada kacang tolo diketahui bisa memperlambat penyerapan gula dalam usus dan mencegah lonjakan kadar gula darah. Dengan begitu, kacang tolo bisa dijadikan sebagai salah satu makanan yang baik bagi penderita diabetes.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Mengonsumsi kacang tolo secara rutin juga diketahui bisa meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini berkat kandungan polifenol di dalamnya yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mengurangi peradangan kronis yang dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Selain itu, kacang tolo juga memiliki potensi untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol jahat (LDL), dua faktor yang sangat berpengaruh dalam terjadinya penyakit jantung, termasuk gagal jantung dan serangan jantung.

Setelah mengetahui manfaat kacang tolo, mulai sekarang Anda bisa memasukkan kacang ini ke dalam menu diet sehat Anda. Kacang tolo dapat dikonsumsi sebagai camilan sehat atau ditambahkan ke dalam hidangan lain, seperti sup, salad, atau oatmeal.

Untuk mengolahnya, kacang tolo harus direndam terlebih dahulu sebelum dimasak. Ini perlu dilakukan agar kacang tolo lebih mudah dicerna dan penyerapan nutrisinya lebih optimal.

Apabila Anda ingin mendapatkan manfaat kacang tolo tetapi masih ragu untuk mengonsumsinya karena memiliki kondisi medis tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Baca Juga :

INI BEBERAPA MANFAAT DAUN SALAM SEBAGAI OBAT HERBAL YANG HARUS KAMU KETAHUI

Di Kutip dari Alo Dokter