DERO.NGAWIKAB.ID – Salah satu serangga yang kerap muncul di musim penghujan adalah laron. Serangga ini kerap datang berkoloni dan berkumpul mendekati cahaya lampu. Kehadiran laron di dalam rumah bisa cukup menganggu.

Laron jenis rayap bersayap yang hidup berkoloni. Laron akan keluar dari sarangnya secara berbondong-bondong pada awal musim penghujan. Pada musim hujan, tanah tempat laron bersarang akan lembap, pada saat inilah kawanan laron keluar mencari kehangatan sekaligus mencari pasangan.

Laron yang menemukan pasangan kemudian akan melepaskan sayapnya dan berjalan berdampingan untuk kawin dan mencari sarang baru. Kedatangan serangga ini dalam jumlah banyak, akan mengotori rumah oleh sayap-sayapnya yang rontok.

Mereka bermunculan saat senja dan malam hari dan mendatangi tempat-tempat terang yang ada lampunya. Laron merupakan hewan yang tidak dapat melihat dan mendengar.

Saat mereka datang, tentu kita akan merasa terganggu, karena rumah kita akan jadi kotor oleh sayap-sayap laron yang lepas. Bagi manusia hal ini mungkin akan mengganggu. Terlebih karena laron sering terbang kesana-kemari dan mengganggu aktivitas, bahkan sampai hinggap ditubuh.

Sebenarnya cara mengusir laron cukup mudah. Kita tinggal matikan lampu di dalam rumah dan nyalakan lampu yang di luar rumah, nanti laron akan keluar dengan sendirinya.

Cara lainnya dengan menyediakan lilin di atas baskom yang telah diisi air, agar sayap laron yang jatuh berkumpul di dalam baskom.

Cara lainnya dengan menggunakan irisan cabe secara melintang. Aroma dari cabai merah sangat kuat dan tidak disukai laron.

Gantungkan irisan cabai ini di sekitar lampu tempat laron berkumpul. Dengan cara ini laron akan menjauh dari area yang ada irisan cabainya.

Baca Juga Pos Berita Sebelumnya :

Ini Beberapa Cara Yang Tepat Penyemprotan Wereng Coklat Pada Tanaman Padi