DERO.NGAWIKAB.ID – Para siswa Rayon Pucung Desa Kasreman Kecamatan Kasreman Kabupaten Ngawi, yang tergabung dalam Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Ranting Kasreman Cabang Ngawi Pusat Madiun, rutin melaksanakan latihan untuk melestarikan budaya pencak silat.

”Ini merupakan kegiatan latihan rutin, yang siswanya mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, yang jelas selagi masih mampu mengikutinya tetap kita latih,” ujar Pelatih Rayon Pucung, Purwanto.

Berita Terkait : MENDIDIK MANUSIA BERBUDI LUHUR LEWAT PELAJARAN PENCAK SILAT

Apalagi setelah dilaksanakannya tes sabuk hijau lusa kemarin, dikatakannya para siswa semakin rutin melaksanakan latihan.

”Latihan ini adalah awal untuk membentuk para siswa agar menjadi manusia berbudi luhur, mengetahui mana yang benar dan salah, serta memupuk rasa persaudaraan,” lanjutnya.

Purwanto ( cepe’r) sedang memberikan arahan kepada siswa

Tak Kenal Maka Tak Sayang Baca Juga : Sekilas Profil Petugas Operator Website Resmi Desa Dero

Purwanto yang akrab disapa cepe’r yang juga merupakan pelatih tetap Ranting Kasreman ini, menuturkan, latihan SH Terate di tingkat hijau ini adalah pemantapan jiwa lahir maupun batin para siswa agar benar-benar mempunyai jiwa tangguh, yakin serta mempunyai pendirian kuat.

”Jadi latihan di tingkat hijau ini, untuk kekuatan dan ketahanan fisik siswa benar-benar di uji walaupun dalam keadaan apapun, agar nantinya bila menjadi warga mempunyai pendirian kuat dan tidak mudah mengeluh di kala mendapat cobaan/ujian hidup ” tegas Purwanto.

Adapun jumlah siswa Rayon pucung sebanyak 8 orang dan dari jumlah satu Ranting Kasreman sebanyak 212 siswa,” pungkas Purwanto.

Baca Juga, Berita Sebelumnya :

Getuk Singkong, Jajanan Ndeso Rasa Mak Nyus