DERO.NGAWIKAB.ID – Bertempat di Ngawi Command Center, Pemerintah Daerah (Pemda) kabupaten Ngawi menggelar rapat koordinasi lintas sektor untuk membahas pengendalian hama tikus yag semakin merajalela di wilayah Ngawi, Kamis (07/01/2021).

Rapat dihadiri oleh Sekretaris Daerah Drs. Mokh. Sodiq Triwidiyanto, M.Si., Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Polres Ngawi, serta pejabat terkait termasuk seluruh camat.

Berita Terkait :

Sebelumnya, Berbagai upaya telah dilakukan Polres Ngawi dalam membantu petani di Kabupaten Ngawi dalam mengendalikan hama tikus tersebut. Seperti diterangkan bantuan tersebut berupa pelaksanaan FGD sebanyak 2 kali dengan menghadirkan narasumber dari Dinas pertanian, Direktur PLN dan Kasat Reskim Polres Ngawi, yang dihadiri Gapoktan se Kab. Ngawi, memasang banner-banner di persawahan tentang pelarangan penggunaan jerat tikus dengan aliran listrik, dan melakukan gropyokan bersama dinas pertanian, TNI dan petani.

Dari hasil rakor yang digelar telah diputuskan beberapa poin penting berupa kegiatan pengendalian hama tikus secara terpadu yang akan dilaksanakan hari Rabu 13 Januari 2021 jam 08.00 WIB secara serentak di 19 Kecamatan di Kabupaten Ngawi.

Baca Juga : TARIK WISATAWAN, BENTENG PENDEM NGAWI DIREVITALISASI

Sementara pengendalian hama tikus akan digunakan dengan cara gropyokan, memasang perangkap tikus yang terbuat dari ram kawat, menggunakan asap belerang. Memakai mercon asap, dan memasang umpan racun tikus.

Ditegaskan pula dalam rapat bahwa untuk metode gropyokan harus tetap dengan menjalankan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19 dengan pembatasan peserta pada setiap kelompoknya.

Baca Juga : Bertahan di Masa Pandemi, Perajin Anyaman Bambu Desa Dero Terus Berkarya